URL Shortener atau biasanya disebut pemendek link menjadi salah satu yang diperlukan oleh semua orang. Link atau tautan yang biasanya panjang sekarang bisa menjadi singkat. Tujuan shorten URL yaitu menghemat karakter di post sosial media, membuat link lebih rapih, dan dapat melihat analytic dari link tersebut.

Beberapa situs web membuat tautan pendek untuk mempermudah berbagi melalui pesan instan dan menjadi lebih murah untuk mengirimnya melalui SMS. Banyak layanan pemendek URL gratis yang ditawarkan.

Berikut 5 layanan URL Shortener gratis bahkan bisa custom link:

Bitly

Bitly, Inc. didirikan pada tahun 2008 dan berbasis di New York City, Amerika Serikat. Bitly memperpendek 600 juta tautan per bulannya. Layanan pemendekan URL Bitly menjadi populer di Twitter setelah layanan pemendek URL default  di situs web pada 6 Mei 2009, kemudian digantikan oleh layanan t.co milik Twitter. Kamu bisa memendekkan tautan kamu di bitly.com, bisa daftar ataupun tidak. Namun jika mendaftar kamu bisa track berapa total klik.

Google URL Shortener

Google URL Shortener, dikenal juga sebagai goo.gl, merupakan layanan pemendekan URL yang ditawarkan oleh Google. Diluncurkan pada Desember 2009, awalnya digunakan untuk Google Toolbar dan Feedburner.  Kemudian Google meluncurkan goo.gl web terpisah dan dibuka untuk umum pada September 2010. Untuk mengakses  goo.gl kamu hanya perlu sign in ke akun Google Mail.

TinyURL

TinyURL merupakan layanan web pemendekan URL, yang menyediakan alias pendek untuk pengalihan URL panjang secara gratis. Kevin Gilbertson, seorang pengembang web, meluncurkan layanan ini pada Januari 2002 sehingga ia dapat memposting tautan dalam posting-posting newsgroup yang sering memiliki alamat panjang dan rumit. Cara menggunakan sangat mudah, kunjungi tinyurl.com dan langsung memendekkan tautanmu tanpa harus daftar.

Is.gd

Is.gd merupakan salah satu pemendek URL yang paling sederhana dengan memberi sebuah kotak untuk memasukkan tautan panjang yang dapat langsung berubah menjadi lebih pendek. Tidak ada fitur atau layanan tambahan, Is.gd bisa jadi pilihan kamu, jika ingin menyelesaikan pekerjaan cepat, mulus dan yang terpenting gratis.

Adf.ly

Adf.ly membuat penawaran menarik lewat pemendekan URL. Para penggunanya berkesempatan untuk mendapatkan uang dengan menggunakan layanannya. Semakin banyak klik yang kamu dapatkan di tautan AdF.ly, semakin banyak uang yang  dihasilkan. Meskipun penghasilannya kecil, tentu bisa bertambah jika dapat menarik banyak klik. Kamu bisa mendapatkan statistik terperinci untuk setiap tautan saat mendaftar untuk sebuah akun, dan dibayar melalui PayPal untuk pembayaran.

Baca juga:

Apa Bedanya .com dengan co.id ?
Cara Memasukkan Gambar GIF ke Blog, Facebook & Twitter

Foto header: urlspellcheck.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here