Kehabisan Topik? Simak 5 Tips Mencari Ide Menulis untuk Blog

KEHABISAN TOPIK? SIMAK 5 TIPS MENCARI IDE MENULIS UNTUK BLOG apabedanyacom yudichu blogger tips mika-baumeister-LaqL8nxiacc-unsplash

Sebagai blogger atau content writer pasti pernah merasakan kehabisan topik dan bingung ingin menulis apa. Untuk meningkatkan traffic blog kita dituntut kreatif dalam menulis. Nah jangan bimbang atau risau karena Apabedanya.com memberikan lima tips mencari ide menulis blog. Semoga setelah membaca tips yang kami berikan, beragam ide akan menghujanimu. Yuk intip tipsnya di bawah ini!

CEK GOOGLE TRENDS

KEHABISAN TOPIK? SIMAK 5 TIPS MENCARI IDE MENULIS UNTUK BLOG apabedanyacom yudichu blogger tips mika-baumeister-LaqL8nxiacc-unsplash
Foto: Tangkapan layar Google Trends

Tips mencari ide menulis blog pertama yaitu mengecek Google Trends. Ini dikarenakan Google Trends menyajikan daftar topik yang banyak dicari warganet melaui situs pencariannya. Sebagai contoh untuk hari Minggu, 25 Juli 2021 ini ada keyword atau kata kunci “Barcelona vs Girona” dengan total pencarian 200k, kemudian ada keyword “Olahraga”, “Anthony Ginting” dan lain sebagainya. Jadi kamu bisa terinspirasi berdasarkan keyword yang sedang ramai dicari dan menyesuaikan dengan niche blog-mu.

Oh iya Google Trends selalu diperbaharui setiap harinya, jadi bagi kamu yang sedang mencari topik wajib banget memantau setiap harinya. Pastikan kamu mengatur lokasinya di Indonesia ya!

BACA JUGA: APA BEDANYA SEO DAN SEM?

PANTAU MEDIA SOSIAL

Foto: Unsplash/Alexander Shatov

Tips lainnya untuk mencari ide untuk blog yaitu memantau media sosial. Media sosial biasanya ramai dengan topik yang sedang dibicarakan banyak orang. Mengambil contoh Twitter, media sosial yang satu ini menyajikan daftar trending topic yang sedang dibicarakan warga Twitter. Banyak meme, drama, video lucu, dan thread viral berasal dari Twittter. Selain itu, TikTok juga sedang naik daun dan banyak video-video viral muncul dari media sosial tersebut. Pastikan kamu aktif dan memantau media sosial yang sedang digemari ya!

BACA JUGA: CARA MEMASUKKAN GAMBAR GIF KE BLOG, FACEBOOK & TWITTER

BACA BUKU ATAU SITUS BERITA

KEHABISAN TOPIK? SIMAK 5 TIPS MENCARI IDE MENULIS UNTUK BLOG apabedanyacom yudichu blogger tips mika-baumeister-LaqL8nxiacc-unsplash
Foto: Unsplash/Thought Catalog

Berikutnya untuk mencari ide menulis blog yaitu dengan membaca buku atau situs berita. Selain memberikan ide, membaca buku juga dapat memperkaya kosa kata kamu. Jadi sebagai penulis kamu akan berkembang. Kemudian membaca situs berita membuat kamu lebih update dengan apa yang sedang terjadi. Misalkan situs berita membahas pandemi dan vaksin, mungkin kamu bisa menulis pengalaman divaksin atau pengalaman kamu menjaga imun di masa pandemi ini.

BACA JUGA: LANGKAH-LANGKAH TETAP SEHAT DAN BUGAR DI MASA PANDEMI INI

JALAN-JALAN

KEHABISAN TOPIK? SIMAK 5 TIPS MENCARI IDE MENULIS UNTUK BLOG apabedanyacom yudichu blogger tips mika-baumeister-LaqL8nxiacc-unsplash
Foto: Unsplash/Markus Winkler

Tips mencari ide menulis blog selanjutnya yaitu dengan jalan-jalan atau travelling. Yup! Benar, pergi ke tempat baru akan membuat kamu memiliki banyak ide. Kamu bisa bertemu orang baru, mengunjungi tempat wisata yang menginspirasi. Sayangnya, saat ini sulit untuk jalan-jalan karena masih pandemi, mungkin kamu bisa jalan atau bersepeda ke taman dekat rumah atau keliling perumahan sembari jogging. Eits, jangan lupa tetap kenakan masker ya.

BACA JUGA: ULASAN KIKUGAWA CIKINI, RESTORAN JEPANG PERTAMA DI JAKARTA

BLOG WALKING

APA BEDANYA CONTENT WRITER DENGAN COPYWRITER
Foto: Unsplash/Glenn Carstens-Peters

Tips berikutnya yaitu dengan blog walking, coba kamu mampir ke blog teman-teman, baca tulisan mereka dan tinggalkan komentar. Siapa tahu dengan membaca blog tetangga kamu tiba-tiba dapat inspirasi menulis blog. Selain memberikan ide baru, dengan blog walking kamu juga memperluas networking, ditambah promo blog kamu karena meninggalkan jejak komentar dengan tautan link.

Semoga tips di atas membantu kamu dalam mencari ide untuk menulis blog. Jika kamu ada ide lain bisa tulis di kolom komentar ya!

BACA JUGA: DAFTAR SITUS FOTO GRATIS UNTUK ARTIKEL DI BLOG

Hola, I'm Yudi! a content and social media specialist. I write articles about movies, TV series, music, pop culture, Pokémon, travel, food, life hacks, lifestyle, and digital marketing.

Comments
  • Hastira

    makasih sharingnya

    July 25, 2021
  • Yg sering saya lakoni ya BW itu Kak.

    Kadang ada percikan ide dari sana.
    Justru ide muncul dari komen sesama bloger yg lagi BW sih.

    July 27, 2021
  • asiaaaaaaappppppppp…………

    aku jarang sih kehabisan ide nulis (sombong mode on), tapi seringnya kehabisan mood buat nulis. Kalau itu ada tipsnya ga? Lumayan tuh, jadi ide buat tulisan berikutnya.

    July 28, 2021
  • Sejak jadi blogger, ternyata lumayan mudah mencari inspirasi apalagi kalau sering mantengin timeline sama blogwalking, Menjadi berkah sendiri pas berkunjung tuh, ada aja ide yang didapat. Segera dicatat biar nggak lupa, selain itu fungsinya biar nggak mendistrasi kerjaan lain karena kepikiran, jadi di delegasiin dulu lewat catatan 😀

    July 28, 2021
  • Saya belum pernah (seingat saya lhoh) check google trend dan mantau medsos utk mendapatkan ide menulis di Blog. Kalau jalan-jalan, baca buku dan blogwalking, ini yang sangat membantu buat memantik ide nulis

    July 28, 2021
  • Ide sebenarnya bisa didapatkan dari mana saja, tinggal kita mau ambil atau gak. Untuk yang viral, kadang suka juga ikut nulis, tapi nyari yang benar-benar cocok. Kalau viralnya gara-gara hal kurang baik, biasanya gak ikut

    July 29, 2021
  • Efektif semua Mas tipsnya, kalau aku kebanyakan sih idenya dari kabar di medsos dan kondisi sosial di sekitar. Kalau Google Trends paling baru cek pas mau nulis yang agak serius, kalau jalan-jalan sih enak banget tuh. sayangnya belum bisa ke mana-mana.

    July 29, 2021
  • Iyes mas setuju, kalau sering melakukan beberapa hal itu dijamin gak bakalan keabisan buat ide ngbelog asalkan disiplin aja, manajemen waktunya oke. Gak kek aku, banyakan idenya tapi mau nulis jg angot2an ahaha jangan ditiru.
    Kalau dah kaya ide gtu emang tinggal ngepush dii utk selalu konsisten yaaa

    July 29, 2021
  • Seharusnya ide untuk menulis blog itu nggak akan pernah habis. Dengan dunia yang terus berkembang begini, menurut saya pasti akan selalu ada yang bisa dibahas. Tantangan di saya pribadi adalah waktu menulis dan pembagian waktu menulis blog dg kegiatan lain di luar ngeblog, hehe.

    July 29, 2021
  • Bagi saya, cara untuk mencari ide menulis di blog yang paling favorit itu dengan cara jalan-jalan hehehe…
    Bisa traveling atau makan di tempat yang asyik, bisa dapat ide untuk tulisan, deh!
    Tapi karena sekarang gak bisa jalan-jalan keluar rumah, jadi cari idenya jalan-jalan ke blog temen aja 🙂

    July 29, 2021
  • Dari diskusi di grup wa memang bisa banget jadi sebuah ide konten yaa..
    Hanya mencari kata kunci ini yang kalau mau main-main di SEOnya kudu diperhatikan.
    Kalau hanya ingin menulis dengan produktif, ini bisa banget dilakukan. Bagaimanapun, konsisten menulis akan mengasah ketajaman dalam mengupas sebuah masalah.

    July 29, 2021
  • Aku banget sih hehehe kalo mentok aku nonton drakor juga selain yang diatas kak

    July 29, 2021
  • Aku sebenarnya ga kehabisan ide kak. Justru masih banyak tulisan jalan2 dan kuliner yang belum sempat kutulis. Hiks. Waktunya berasa enggak ada nih

    July 31, 2021
  • Akhir2 ini semacam kehabisan ide nukis…ini tips membantu banget..soalnya suka mikir..ini mau nulis…apa lagi…ya…gitu

    August 5, 2021
  • Ide untuk menulis blog sebenarnya bis kita temukan dimana saja ya Mas, tergantung kita apakah peka untuk menangkas ide tersebut dan segera menuliskannya, minimal bikin kerangkanya dulu agar tidak hilang.

    August 29, 2021
Post a Comment

You don't have permission to register