Ulasan Kikugawa Cikini, Restoran Jepang Pertama di Jakarta

Bagi kalian pencinta makanan Jepang ada restoran wajib coba nih di Jakarta. Namanya Kikugawa dan berlokasi di jalan Cikini IV No.13, RT.15/RW.5, Cikini, Jakarta Pusat. Yang menjadi spesial, restoran ini telah berdiri sejak tahun 1969 dan menjadi restoran Jepang pertama di Jakarta. Penasaran? Yuk intip ulasan restoran Kikugawa!

Sejarah Kikugawa, Restoran Jepang Pertama di Jakarta

restoran kikugawa cikini
Foto: Instagram.com/yudichu

Sebelum mengulas restorannya, yuk simak sejarahnya dulu. Sebelum menjadi jalan cikini IV, dahulu nama jalan di sana yaitu jalan kebon binatang. Nama Kikugawa merupakan kombinasi dari dua kata, Kiku yang berarti bunga serunai dan juga nama keluarga pemilik Kikuchi. Sementara Kawa atau Gawa berarti sungai. Dengan pengambungan kata ini, sang pemilik terinspirasi dari lagu “Bengawan Solo”.

Hari ini (28/11), saya pun mencoba datang ke restoran Kikugawa. Di depannya terdapat plang kuning dengan bertuliskan nama resto, kemudian halaman depan terdapat batu krikil mirip rumah-rumah Jepang. Sesampainya di dalam, nuansa Jepang tempo dulu sangat terasa. Tidak begitu luas dalamnya, namun cukup nyaman.

Foto: Instagram.com/yudichu

Saya pun memesan chicken cutlet curry rice (Rp 73.000) karena penasaran dengan nasi kari di sana, siapa tahu rasanya berbeda dari resto Jepang lainnya. Setelah mencobanya ,nasi karinya lumayan, ayamnya pun renyah dan pas. Potongan wortelnya pun besar-besar jadi puas. Sementara rekan saya memesan beef teriyaki set (Rp 89.000) yang terdiri dari nasi, beef teriyaki, tofu, dan sup miso. Menurutnya dagingnya medium rare dan tidak begitu manis, jadi pas. Sementara tofunya lembut dan sup misonya terbaik.

Kita juga memesan salmon gyoza harganya Rp 39.000 (berisi enam), rasanya jangan ditanya lagi deh. Kalian wajib memesan ini kalo mampir ke Kikugawa. Sementara untuk minuman saya memesan ocha panas (Rp 20.000) yang bisa di-refill sepuasnya.

Foto: Instagram.com/yudichu

Kesimpulannya restoran Kikugawa wajib coba, apa lagi bagi kalian yang ingin makan makanan Jepang autentik. Untuk harga memang pricy, namun sesuai dengan rasa dan pelayanan staff-nya. Saya pun berencana kembali karena penasaran ingin mencoba soba dan udon mereka. Oh iya selesai makan, kalian akan diberikan buah semangka potongan dari restoran. Baik ya!

Menu Restoran Kikugawa

Jam operasional menurut menu online mereka, jam makan siang mulai 11:30 hingga 15:00, sementara jam makan malam mulai 17:30 hingga 21:00. Menu lengkap kalian bisa cek di tautan sini. Gimana, tertarik mencoba restoran Kikugawa?

Baca juga:

BERKUNJUNG KE RESTORAN TRIO, RESTORAN KLASIK DENGAN RAGAM MAKANAN CINA

REVIEW RESTORAN RAJA BALI DI NUSA DUA

Mencoba Sate Afrika Condet, Daging Domba yang Empuk

REVIEW AJWAD RESTO, MENCICIPI MAKANAN KHAS TIMUR TENGAH

Hola, I'm Yudi! a content and social media specialist. I write articles about movies, TV series, music, pop culture, Pokémon, travel, food, life hacks, lifestyle, and digital marketing.

Post a Comment

You don't have permission to register
error: Content is protected !!