Bagi kamu yang sedang di daerah Nusa Dua Bali, wajib mencoba restoran Raja Bali. Restoran yang menyajikan menu-menu khas Bali ini mendapatkan banyak ulasan baik di internet. Salah satunya di situs Tripadvisor, resto ini mendapat nilai 5 sempurna. Penasaran? Simak review dari kita. 

Alamat restoran Raja Bali berlokasi di main gate Nusadua no 2, Nusadua Bali. Lokasinya persis di pinggir jalan sebelum main gate atau gapura Nusadua. Kamu bisa menggunakan Grabcar, taxi, ataupun ojek online.

Sesampainya di sana disambut ramah oleh para staff, yang kebanyakan pengunjung adalah turis asing. Walau begitu, staff tetap ramah kepada turis lokal seperti saya, tidak seperti restoran pada umumnya yang angkuh ke turis lokal.

Saya pun memesan menu khas dari restoran Raja Bali, yaitu Balinese Rijsttafel untuk porsi dua orang. Menu ini menyajikan banyak variasi, mulai dari appetizer, sup, main dishes, hingga dessert.

Baca juga: Serunya Berkunjung ke Saung Angklung Udjo Bandung

Menu Balinese Rijsttafel di Raja Bali

Nah mari kita review menu Balinese Rijsttafel di Raja Bali Nusa Dua. Di awal kita akan diberi kerupuk sembari menunggu, kemudian munculnya menu appetizer yang berisikan sate lilit bali dari ikan dan ayam sambal matah. Rasanya? Enak dan tidak sabar menyantap menu berikutnya.

Foto: Tri Wahyudi @yudichu

Saat memesan menu, staff pun bertanya apakah ingin menu yang pedas atau tidak dan menanyakan apakah kita ada alergi atau tidak. Ini dikarenakan menu paketan ada seafood, sehingga mereka konfirmasi terlebih dahulu.

Selanjutnya sup, ada dua pilihan yaitu kuah kalung babi dan sup ikan. Karena rekan saya tidak makan babi, akhirnya memilih sup ikan. Sup ikan hadir dengan kuah bening dan tomato, rasanya lumayan enak.

Nah yang dinanti-nanti adalah main dishes. Dibawakan oleh nampan besar berisi mangkuk-mangkuk kecil. Staff-nya pun menjelaskan setiap makanan yang ada di nampan besar itu.

Review Restoran Raja Bali di Nusa Dua

Pertama ada dua pilihan nasi yaitu nasi kuning dan nasi putih. Untuk lauk ada babi kecap, namun diganti ikan curry. Kemudian ada be sampi menyatnyat yaitu rendang khas Bali, lawar cumi yaitu cumi suwir dengan potongan kacang panjang, ayam curry, sayuran dengan kuah curry, ikan mahi-mahi bakar, udang bakar, dan pepes ayam.

Foto: Tri Wahyudi @yudichu

Untuk bumbu taburan ada kacang, kelapa gongseng, sambal matah dan kecap. Nah yang paling mencuri perhatian tentunya rendang khas Bali. Karena memesan tidak pedas, rasanya mirip dengan gudeg tapi tetap enak, Kemudian udangnya bakarnya enaknya sekali.

Pepes ayamnya pun menggoda, mahi-mahi bakarnya enak juga. Kalian harus sering-sering makan ikan ya!. Sambal matahnya juara, tidak terlalu pedas dan terasa pas. Setelah usai makan besar, kita akan disajikan dessert.

Untuk dessert kamu akan mrncoba kue khas bali, seperti kue labu, telur dadar, dan lopis. Untuk telur dadar dan lopis sepertinya khas Indonesia ya. Kemudian bubur injin yang berisi ketan hitam, dan buah- buahan segar yang berisi semangka dan pepaya.

Foto: Tri Wahyudi @yudichu

Sekarang bahas harga dari Balinese Rijsttafel ini adalah Rp 490.000 untuk dua orang. Di sana juga menyajikan menu bebek atau ayam betutu khas Bali, kalian harus coba. Untuk minuman mereka men yajikan beragam minuman alkohol dan non-alkohol.

Suasana restoran Raja Bali yang cozy membuat pengunjung betah, oh iya untuk di outdoor, staff akan memberikan obat nyamuk semprot atau oles dan juga detol pembersih tangan.

Terakhir, selain para staff yang super ramah dan tidak pilih kasih antara turis asing dan lokal. Mereka sangat fasih berbahasa Inggris, saya sangat senang mendengar mereka menjelaskan setiap menu dengan ciamik. Bahkan saat menjelaskan menu ke meja saya dia agak kaku karena terbiasa menjelaskan dengan bahasa Inggris.

Seperti itu lah review restoran Raja Bali dari saya, walau harganya cukup mahal tapi pelayanan dan rasa makannya sepadan. Tertarik mencoba?

Baca juga: 3 Kuliner Wajib Coba di Surabaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here