Foto: Tri Wahyudi @yudichu

Apa sih makanan khas Surabaya? Rawon? Nasi Bebek? Kamu mencari kuliner enak, murah dan wajib coba di Surabaya? Tenang kita punya 3 rekomendasi tempat makan enak dan dicari banyak orang di ibu kota Jawa Timur. Dijamin kamu keluar tempat makan ini puas dengan perut kenyang.

3 Kuliner Wajib Coba di Surabaya

Sate Klopo Ondomohen Ibu Asih 

Jika kamu datang ke Surabaya jangan lupa mampir ke Sate Klopo Ondomohen Ibu Asih. Tempat makan ini berlokasi di Jl. Walikota Mustajab No.36 atau kamu bisa menggunakan google maps. 

Foto: Tri Wahyudi @yudichu

Mereka menyediakan beragam sate, mulai dari ayam, sapi, usus, lemak, sumsum, otot dan campuran. Yang membedakan sate ini dari yang lainnya adalah penggunaan kelapa di bumbu bakarnya. Kemudian di nasinya diberi taburan kelapa gongseng.

Harga makanan di Sate Klopo Ondomohen Ibu Asih masih terjangkau. Seporsi sate tidak lebih dari R 40.000. Mau coba sate dengan sensai bumbu kelapa? Jangan lupa singgah ke sini.  

Rawon Kalkulator

Kurang lengkap ke daerah Jawa Timur tanpa mencoba rawon. Rawon merupakan makanan berupa sup daging berkuah hitam, warna hitamnya terbuat dari bumbu khas bernama kluwek. Nah kamu harus cobain makan di Rawon Kalkulator yang berlokasi di Sentra PKL Tamam Bungkul, Jl. Raya Darmo. 

Foto: Tri Wahyudi @yudichu

Nasi, kuah, kerupuk, dan potongan daging yang besar akan menggoda kamu untuk segera menyantap. Jika butuh lauk, mereka menyediakan perkedal dan tempe. Kamu mungkin penasaran kenapa namanya rawon kalkulator? Ini dikarenakan sang pramusaji sangat cepat saat menghitung total harga makan di sana. 

Sebagai contoh saya memesan 2 nasi rawon, 2 es jeruk, dan 2 perkedel dengan cekatan salah satu pramusaji menyebutkan harganya sebesar Rp 52.000. Cukup terjangkau bukan?  

Nasi Bebek Tugu Pahlawan

Foto: Tri Wahyudi @yudichu

Terakhir ada kuliner yang benar-benar selalu antre saat kamu membelinya. Tempat makannya adalah Nasi Bebek Tugu Pahlawan yang beralamat di Jl. Tembaan No.17F, Alun-alun Contong. 

Nasi bebek ini mulai buka pukul 18:00 hingga tengah malam. Menu di nasi bebek tugu pahlawan ada paha super, paha biasa, dada, protolan, dan jeroan. Harganya pun cukup terjangkau mulai dari RP 13.000 hingga Rp 24.000.  

Paling mantap jika kamu memesan paha super, nasi disajikan dengan dua sambal, lalapan dan tidak ketinggalan kelapa gongseng. Kenikmatan ini dinantikan banyak orang yang menuju ke sana, jadi siap-siap sabar mengantre ya.

Foto: Tri Wahyudi @yudichu

Nah apa kuliner wajib kesukaan kamu di Surabaya? Punya rekomendasi lain, bagikan yuk di kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here