11 Rekomendasi Kuliner Yogyakarta Enak dan Ramai Dikunjungi

11 REKOMENDASI KULINER YOGYAKARTA ENAK DAN RAMAI DIKUNJUNGI

Apabedanya.com – Rasanya tidak pernah bosan berkunjung ke Yogyakarta. Tak hanya gudeg dan krecek, ada banyak kuliner Jogja yang wajib dicoba. Karena rutin ke kota bakpia ini, saya pun sering membagikan tempat makan yang dikunjungi lewat thread di Twitter #YudichuFoodList. Nah apa saja rekomendasi kuliner Yogyakarta tahun 2022? Simak yuk di bawah ini!

REKOMENDASI KULINER YOGYAKARTA 2022

GUDEG SAGAN

11 REKOMENDASI KULINER YOGYAKARTA ENAK DAN RAMAI DIKUNJUNGI
Foto: Tri Wahyudi @yudichu

Saat ke Jogja saya rutin ke Gudeg Sagan yang beralamat di gudeg saganJL Prof. Dr Jl. Prof. Herman Yohanes No.53, Samirono, Caturtunggal, Depok, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55223. Di sana menu favorit adalah gudeg krecek paha ayama brutu, manis ayamnya pas, kreceknya pedas menantang. Ada banyak pilihan ayam dan lauk lainnya, buat dibungkus juga bisa.

PEMPEK & SIOMAY ULU BUNDAR

Ke Jogja makan pempek? Kenapa tidak! Ceritanya lapar dan mencari kuliner yang terdekat dan menemukan Pempek & Siomay Ulu Bundar, favorit siomay-nya, pempeknya juga wajib coba. Harganya murah dan gerainya tersebar banyak di Jogja. Saa itu saya mencoba yang di Jl. Laksda Adisucipto, Ambarukmo, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281.

BACA JUGA: CUMA 6 JAM, PENGALAMAN NAIK KERETA API ARGO DWIPANGGA KE YOGYAKARTA

SATE KLATHAK PAK JEDE

Rekomendasi kuliner Yogyakarta berikutnya ada Sate Klathak Pak Jede yang berlokasi di Jl. Nologaten No.46, Nologaten, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55283. Saat itu memesan satenya dan gulai babat, dagingnya empuk dan juicy. Lumayan lah!

OMAH BU AGENG

Berikutnya ada Omah Bu Ageng, spesialis makanan khas Indonesia. Alamat Omah Bu Ageng yaitu di Tirtodipuran St No.13, Mantrijeron, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta 55143, setiap hari Senin mereka tutup ya. Menu favorit saya tentu nasi pecel, kemudian bakwannya, dan masih banyak lagi. Oh iya, restoran ini pernah jadi tempat syuting film Ada Apa Dengan Cinta 2 loh dan destinasi para turis orang asing.

BACA JUGA: BERKELILING CANDI SEWU DI KOMPLEK CANDI PRAMBANAN

MIE AYAM BU TUMINI

Rekomendasi kuliner Yogyakarta berikutnya ada Mie Ayam Bu Tumini yang berlokasi di  Jl. Imogiri Tim. No.187, Giwangan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55163. Siap-siap antre saat ke sana, banyak sekali pengunjungnya. Yang terkenal dari mie ayam ini adalah kuah kentalnya, rasanya sih cocok di lidah saya. Oh iya tekstur mie mereka berbeda dengan pada umumnya, lebih lembek. Harganya super murah!

SATE PAK PONG

11 REKOMENDASI KULINER YOGYAKARTA ENAK DAN RAMAI DIKUNJUNGI
Foto: Tri Wahyudi @yudichu

Selanjutnya ada Sate Pak Pong yang berlokasi di  Jl. Sultan Agung No.18, Jejeran II, Wonokromo, Kec. Pleret, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55791. Di sini kamu harus sabar mengantre ya, saat ke sana menunggu 60 menit lebih, karena memang ramai banget. Memesan sate klathak dan tongseng otak, rasanya lumayan enak.

RAMINTEN KITCHEN

11 REKOMENDASI KULINER YOGYAKARTA ENAK DAN RAMAI DIKUNJUNGI
Foto: Tri Wahyudi @yudichu

Sering ke House of Raminten, tapi penasaran dengan Raminten Kitchen, apa bedanya sih? Akhirnya ke sana yang berlokasi di Jl. Sabirin, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55224. Tempatnya lebih ke cafe kekinian dan cukup rindang. Di sana saya memesan mangut lele dan rasanya enak, belum pernah coba yang viral-viral, namun versi Raminten Ktichen cocok di lidah saya. Dapat dua ikan lele juga, seneng banget!

BACA JUGA: MAKAN ENAK DAN SEHAT DI SOMAYOGA, RESTORAN VEGAN DI JOGJA

BAKMI MBAH GITO

11 REKOMENDASI KULINER YOGYAKARTA ENAK DAN RAMAI DIKUNJUNGI
Foto: Tri Wahyudi @yudichu

Rekomendasi kuliner Yogyakarta berikutnya ada Bakmi Mbah Gito yang berlokasi di Jl. Nyi Ageng Nis No.9, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171. Di sana saya memesan mie goreng, rasanya lumayan bumbunya terasa, acar timun yang diberikan tidak pelit alias banyak. Oh iya bentuk restorannya cukup unik dan kabarnya bekas kandan sapi, lucu ya.

SATE KLATHAK PAK BARI

11 REKOMENDASI KULINER YOGYAKARTA ENAK DAN RAMAI DIKUNJUNGI
Foto: Tri Wahyudi @yudichu

Rekomendasi kuliner Jogja selanjutnya ada Sate Klathak Pak Bari yang berlokasi di Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur No.5, Wonokromo, Pleret, Wonokromo II, Wonokromo, Kec. Pleret, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55791, oh iya mereka bukanya malam hari ya. Di sana memesan sate klathak, gulai jeroan, dan kicik tengkleng. Kalau untuk urutan enak, Sate Klathak Pak Bari levelnya di atas Sate Klathak Pak Pong. Kuliner ini juga masuk ke film Ada Apa Dengan Cinta 2 loh.

BACA JUGA: GUDEG MBAH LINDU, CITA RASA PENJAJAHAN

OSENG-OSENG MERCON BU NARTI

11 REKOMENDASI KULINER YOGYAKARTA ENAK DAN RAMAI DIKUNJUNGI
Foto: Tri Wahyudi @yudichu

Berikutnya ada Oseng-Oseng Mercon Bu Narti yang berlokasi di Jl. KH. Ahmad Dahlan No.107, Notoprajan, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55262, jika di depannya ada antrean banyak dan terpal neon hijau stabilo, kamu sudah sampai. Tempat makan ini didedikasikan untuk kamu pecinta makanan pedas, saya memasan nasi oseng-oseng mercon dan pedanya pakai banget, sayapun menyerah (tidak kuat pedas haha). Alhasil makan nasi dengan burung puyuh, lumayan enak. Oh iya mereka bukanya malam hari ya.

PONDOK MERAPI

11 REKOMENDASI KULINER YOGYAKARTA ENAK DAN RAMAI DIKUNJUNGI
Foto: Tri Wahyudi @yudichu

Rekomendasi kuliner Yogyakarta berikutnya ada Pondok Merapi, lokasinya di Kedungsriti, Sidorejo, Umbulharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55583, lokasinya benar-benar di pelosok, just trust your Google maps. Tempatnya adem dan penjualnya ramah, di sana memesan ayam goreng seekor, tumis daun pepaya, mangut ikan nila, lelenya habis. Kuah mangutnya enak. Saya berkunjung ke sini setelah dari museum Ullen Sentalu.

BACA JUGA: MENYELAMI SENI DAN BUDAY JAWA DI MUSEUM ULLEN SENTALU

Nah kira-kira itu rekomendasi kuliner Yogyakarta yang pernah saya cobain. Kamu punya rekomendasi lainnya? Jangan malu-malu, tulis di kolom komentar ya!

Jangan lupa follow media sosial Apabedanya.com di Instagram @apabedanyacom dan Twitter @apabedanyacom untuk mendapatkan update perbedaan dan perbandingan segala hal. Menghadirkan juga konten budaya pop, lifestyle, internet, kesehatan, teknologi, hingga life hacks.

Baca juga artikel lainnya dari Tri Wahyudi di Apabedanya.com!

Apabedanya.com merupakan situs independen, bantu dan dukung kami untuk meracik konten lebih baik lagi. Kamu bisa memberikan tip melalui tautan ini. 

Hola, I'm Yudi! Experienced in social media and content. I write about films, series, memes, life hacks, food, traveling, pop culture, and social media, duh!

Comments
  • Beberapa aku pernah coba mas, kayak yg raminten, sate klathak, gudeg , Ama yu Narti. Yg yu Narti, enak, tapi cukup sekali deh. Aku langsung mules2 besok paginya wkwkwkwkw. Mana jdwal traveling dan sedang di bandara utk next flight 🤣🤣. Ga mau lagi makan yu Narti kalo besoknya ada jdwal trip 😄

    Tapi favoritku tiap ke Jogja itu sate ratu. Ini wajiiib ga pernah absen aku datangin tiap kali ke Jogja. Trus lobster pas sis di pantai timang, dan chicken shack. Ini sejenis ayam panggang Belgia, enaaaak 👍.

    Kebetulan tgl 6 besok aku ke Jogja lagi, dan memang mau kulineran 😁

    August 2, 2022
  • Hastira

    makasih infonya

    August 2, 2022
Post a Comment

You don't have permission to register
error: Content is protected !!