Foto: Pesona Travel Indonesia/Jaka Thariq

Sejak 2 Oktober 2009, tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari Batik oleh UNESCO. Berdasarkan KBBI, Batik merupakan kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan.

Secara etimologi, kata batik berasal dari bahasa Jawa ambhatik, dari kata amba yang berarti lebar, luas, kain, dan titik yang berarti titik atau matik (kata kerja dalam bahasa Jawa berarti membuat titik). Kemudian berkembang menjadi istilah batik, yang berarti menghubungkan titik-titik menjadi gambar tertentu pada kain yang luas atau lebar.

Apasih bedanya Batik tulis, Batik cap, dan Batik lukis? Yuk simak perbedaanya.

Apa Bedanya Batik Tulis, Batik Cap, dan Batik Lukis

Batik tulis merupakan kain yang dihias dengan tekstur dan corak batik menggunakan tangan. Pembuatan batik jenis ini memakan waktu kurang lebih 2-3 bulan. Jadi tidak heran harganya cukup mahal, karena proses pembuatannya tidak mudah dan memakan waktu.

Batik cap merupakan kain yang dihias dengan tekstur dan corak batik yang dibentuk dengan cap (biasanya terbuat dari tembaga). Proses pembuatan batik jenis ini membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari.

Ciri-ciri Batik cap yaitu warna batik kedua belah sisi kain adalah sama, kemudian warna batik lebih mengkilap. Motif Batik cap juga tidak terlalu detail, biasanya warna dasar adalah warna tua dan gelap.

Batik lukis merupakan proses pembuatan batik dengan cara langsung melukis pada kain putih. Proses awal kamu harus menggambar sketsa di kain putih dengan pensil. Kemudian proses pencantingan, nah setelah itu proses pewarnaan yang bisa dilakukan dengan proses pencelupan dan colet.

Terakhir proses pelorotan, setelah kain selesai dimalam dan diwarna juga di kunci, kain tersebut dimasukkan ke dalam air mendidih sebagai proses penghilangan malam. Setelah kain dikeringkan, maka jadilah sebuah lukisan batik yang indah.

Selamat hari Batik nasional!

Baca juga: Apa Bedanya Body Serum, Body Lotion, dan Body Butter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here