Bosan foto-foto Instagram di cafe dan restoran terus? Mungkin kamu bisa berburu foto di kuburan gaya Eropa di Jakarta. Yup! Museum Taman Prasasti bisa menjadi pilihan kamu untuk berburu foto ciamik.

Museum Taman Prasasti merupakan sebuah museum cagar budaya peninggalan masa kolonial Belanda yang berlokasi di Jalan Tanah Abang No. 1, Jakarta Pusat atau lebih tepatnya di samping wali kota Jakarta Pusat.

Cara menuju ke sini sangat mudah, jika menggunakan commuter line kamu bisa turun di stasiun Juanda lanjut naik ojek atau taksi online dan juga bajai. Jika menggunakan bus Transjakarta halte terdekat yaitu halte Monumen Nasional, dan bisa berjalan kaki dengan panduan google maps.

Harga tiket masuk Museum Taman Prasasti sangat terjangkau. Untuk dewasa Rp 5.000/ orang, mahasiswa Rp 3.000/ orang dan pelajar/anak-anak Rp 2.000/orang. Di Museum Taman Prasasti juga bisa digunakan untuk lokasi syuting dan acara lainnya, untuk harga kamu bisa cek gambar di bawah ini.

Pemakaman Orang-Orang Penting Belanda dan Soe Hok Gie

Museum ini dahulunya adalah kuburan, yang dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1795 sebagai tempat peristirahatan terakhir bagi orang-orang penting Belanda. Kuburan ini diresmikan sebagai Museum Taman Prasasti pada tanggal 9 Juli 1977 oleh Ali Sadikin, mantan gubernur Jakarta. Sejak 2003, museum ini dikelola oleh manajemen Museum Sejarah Jakarta.

Beberapa orang penting yang dimakamkan di daerah makam ada Olivia Mariamne Raffles – istri pertama gubernur Inggris Jenderal Thomas Stamford Raffles – dan aktivis pemuda Indonesia Soe Hok Gie.

Museum Taman Prasasti ini memiliki koleksi prasasti nisan kuno serta miniatur makam khas dari 27 provinsi di Indonesia, tidak ketinggalan koleksi kereta jenazah antik. Museum seluas 1,2 ha ini merupakan museum terbuka yang menampilkan karya seni dari masa lampau tentang kecanggihan para pematung, pemahat, kaligrafer dan sastrawan yang menyatu.

Di sini juga kamu akan menemukan beragam patung malaikat, yang sangat ciamik untuk difoto. Tapi ingat ya, kita harus jaga kebersihan lokasi museum dan tidak mencoret-coret patungnya.

Museum Taman Prasasti dibuka setiap hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 08:00 pagi hingga pukul 16:00 sore. Yuk ajak teman-teman berkunjung ke museum, kapan lagi berburu foto sembari belajar sejarah.  

View this post on Instagram

Be careful what you wish for. #vsco #vscocam

A post shared by Yudi (@yudichu) on

Foto: Tri Wahyudi 

Baca juga:

Liburan dan Mengenal Situs Megalitikum Gunung Padang

Mulai Dari Soto Kuning Pak Yusup, Yuk Icip Kuliner Kota Bogor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here