Foto: Touchstone Pictures

Sering mendengar kata impulsif dan kompulsif? Apalagi kalau teman yang gemar berbelanja terus kemudian berkata “duh, suka impulsif deh kalo belanja.” Nah apa bedanya impulsif dan kompulsif? Yuk kita ulas perbedaanya.

Apa Bedanya Impulsif dan Kompulsif

Pengertian impulsif berdasarkan KBBI adalah bersifat cepat bertindak secara tiba-tiba menurut gerak hati. Apabila perilaku seseorang yang tiba-tiba berubah, tiba-tiba di luar rencana, atau sebuah sikap yang tidak didukung alasan yang kuat. 

Menjadi impulsif biasanya saat seseorang bertindak berdasarkan instingnya. Perbedaan yang menonjol antara impulsif dengan kompulsif terletak pada perilaku kompulsif terencana, sementara perilaku impulsif tidak direncanakan.

Contoh impulsif sering kita lihat, misalnya seseorang tidak bisa mengontrol diri untuk membeli barang yang tidak penting atau bahkan sulit mengendalikan emosi. Orang itu membeli tanpa alasan dan berpikir akan membutuhkan barang tersebut atau tidak. 

Pengertian kompulsif berdasarkan KBBI adalah bersifat mendorong: 2 bersifat memaksa. Perilaku Kompulsif merupakan suatu gangguan kecemasan di mana pikiran dipenuhi dengan pikiran yang menetap dan tidak dapat dikendalikan dan individu dipaksa untuk terus-menerus mengulang tindakan tertentu.

Perilaku ini menyebabkan distress yang signifikan dan mengganggu keberfungsian sehari-hari. Contoh obsesi kompulsif misalnya kamu memeriksa apakah pintu depan sudah terkunci berulang-ulang kali atau kaleng di dapur harus selaras dan berbaris sempurna.

Kamu punya pendapat lain mengenai perbedaan impulsif dan kompulsif? Yuk tulis di kolom komentar.

Baca juga: Apa Bedanya Jalur dan Lajur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here