Apa Bedanya Udon, Ramen, dan Soba

APA BEDANYA UDON, RAMEN, DAN SOBA

Apabedanya.com – Saat ini sedang menyaksikan serial Jepang berjudul The Road to Red Restaurants List yang mengisahkan seroang pria setiap minggu mencari restoran yang akan punah. Deretan kuliner asal Jepang ini berhasil membuat perut keroncongan. Nah salah satu menu yang dimunculkan yaitu mi udon. Maka dari itu saya akan mengupas apa bedanya udon, ramen, dan soba. Simak yuk di bawah ini!

APA BEDANYA UDON, RAMEN, DAN SOBA

Semuanya enak disantap, cari tahu perbedaan mi udon, ramen, dan soba di bawah ini!

UDON

Udon merupakan mi tebal yang terbuat dari tepung terigu, digunakan dalam masakan Jepang. Menjadi makanan favorit bagi banyak orang Jepang. Mi udon biasanya disajikan dingin di musim panas dan panas di musim dingin. Ada berbagai cara penyajiannya, yang paling sederhana adalah dalam kuah panas seperti kake udon dengan kuah kaldu ringan yang disebut kakejiru yang terbuat dari dashi, kecap, dan mirin. Biasanya atasnya dengan daun bawang cincang tipis.

APA BEDANYA UDON, RAMEN, DAN SOBA
Foto: Tri Wahyudi | Instagram/Yudichu

Topping umum lainnya termasuk tempura udang, kakiage (campuran tempura goreng), abura-age (manis, kantong tahu goreng), kamaboko (irisan kue ikan), dan bumbu shichimi ditambahkan untuk menambah rasa. Varian yang lebih tidak biasa termasuk yaki udon goreng dan udon kari yang dibuat dengan kari Jepang. Ini sering digunakan dalam “shabu shabu” atau hot pot Jepang.

BACA JUGA: APA BEDANYA SPAGETI DENGAN JENIS PASTA LAINNYA

RAMEN

APA BEDANYA UDON, RAMEN, DAN SOBA
Foto: Unsplash/Andrew Haimerl (andrewnef)

Ramen merupakan mi kuah Jepang yang berasal dari Tiongkok. Orang Jepang juga menyebut ramen sebagai chuka soba atau soba dari Tiongkok. Mi ramen biasanya berwarna kuning dan dibuat dari terigu dengan kadar gluten tinggi ditambah air dan bahan kimia tambahan seperti potasium karbonat, natrium karbonat dan kadang-kadang asam fosfat.

Penyajian rame yaitu mi diceburkan ke dalam sebuah mangkuk berisi kuah yang dibuat dari berbagai jenis kaldu (umumnya dengan dasar kaldu babi). Pada umumnya chasiu, menma, dan irisan daun bawang ditambahkan di atas mi sebagai lauk atau penyedap.

Sup ramen umumnya dibuat dari kaldu yang berbahan dasar ayam atau babi, dipadukan dengan berbagai bahan seperti tulang babi, katsuobushi (serpihan ikan cakalang), niboshi (sarden kering), tulang sapi, shiitake, bawang bombay, dan kombu (kelp). Beberapa kaldu ramen modern juga bisa berbahan dasar sayuran. Tare sering ditambahkan ke kaldu untuk membuat sup.

Di atas ramen umumnya ditambahkan penyedap berupa beraneka ragam lauk seperti: chasiu, menma, telur rebus, sayuran hijau (seperti bayam), irisan daun bawang, nori, atau narutomaki sebagai hiasan.

BACA JUGA: APA BEDANYA TENDERLOIN, SIRLOIN, DAN RIB EYE PADA DAGING SAPI

SOBA

Soba merupakan mi Jepang tipis yang terbuat dari buckwheat (gandum kuda). Mi disajikan dingin dengan saus, atau panas dalam sup mi. Soba panas biasanya dengan kaldu dashi berbahan dasar kedelai.Soba dingin sering disajikan di atas nampan bambu seperti saringan yang disebut zaru, kadang-kadang dihiasi dengan potongan rumput laut nori kering, dengan saus yang dikenal sebagai soba tsuyu di sampingnya.

APA BEDANYA UDON, RAMEN, DAN SOBA
Foto: Unsplash/Masaaki Komori

Di Jepang, mi soba dapat ditemukan di berbagai tempat, mulai dari tempat “makanan cepat saji” hingga restoran khusus yang mahal. Pasar menjual mi kering dan men-tsuyu, atau kaldu mie instan, untuk memudahkan persiapan di rumah. Ada berbagai macam hidangan, baik panas untuk musim dingin dan dingin untuk musim panas, menggunakan mi ini.

Soba melengkapi nutrisi biji-bijian lain seperti nasi putih dan tepung terigu. Tiamin (Vitamin B1), yang tak ada dari nasi putih, hadir dalam soba. Soba mengandung sembilan asam amino esensial, termasuk lisin, yang kurang dalam tepung terigu. Tradisi makan soba muncul pada zaman Edo.

KESIMPULAN

Jadi udon mi tebal terbuat dari tepung terigu dan dapat disajikan dingin dan panas, kemudian soba mi lebih tipis terbuat dari buckwheat (gandum kuda) yang juga dapat disajikan dingin dan panas. Sementara ramen, mi gandum ala Cina yang penyajiannya panas.

Sekarang sudah tahu bedanya mi udon, ramen, dan soba kan. Tulis dong di kolom komentar mana yang kamu suka ?

Foto header:Unsplash/Jinomono Media

BACA JUGA: APA BEDANYA MENU A&W INDONESIA DENGAN MALAYSIA

Jangan lupa follow media sosial Apabedanya.com di Instagram @apabedanyacom dan Twitter @apabedanyacom untuk mendapatkan update perbedaan dan perbandingan segala hal. Menghadirkan juga konten budaya pop, lifestyle, internet, kesehatan, teknologi, hingga life hacks.

Baca artikel lainnya dari Tri Wahyudi Apabedanya.com di sini! 

Apabedanya.com merupakan situs independen, bantu dan dukung kami untuk meracik konten lebih baik lagi. Kamu bisa memberikan tip melalui tautan ini. 

Hola, I'm Yudi! a content and social media specialist. I write articles about movies, TV series, music, pop culture, Pokémon, travel, food, life hacks, lifestyle, and digital marketing.

Post a Comment

You don't have permission to register
error: Content is protected !!