Apa Bedanya Tenderloin, Sirloin, dan Rib Eye pada Daging Sapi

APA BEDANYA TENDERLOIN, SIRLOIN, DAN RIB EYE PADA DAGING SAPI

Masih suka bingung sih gak sih saat memesan steak dan harus memilih daging yang mana? Ada tenderloin, sirloin, dan rib eye. Nah terus mana enak yang mana? Terus apa perbedaanya dari ketiga daging tersebut? Jangan sedih karena Apabedanya.com akan mengulas apa bedanya tenderloin, sirloin, dan rib eye. Yuk simak di bawah ini!

APA BEDANYA TENDERLOIN, SIRLOIN, & RIB EYE

Tenderloin

APA BEDANYA TENDERLOIN, SIRLOIN, DAN RIB EYE PADA DAGING SAPI
Foto: .Thespruceeats.com

Pertama kita bahas daging tenderloin. Daging ini dipotong dari bagian pinggang daging sapi. Daging bagian ini juga dikenal sebagai eye fillet di Australasia, filet di negara Prancis, filet mignon di negara Brasil, serta fillet di Inggris dan Afrika Selatan. Daging tenderloin tidak mengandung banyak lemak dan biasanya lebih empuk dari sirloin. Potongan dagingnya juga lebih tebal dibandingkan daging sirloin, tidak heran harganya lebih mahal.

Sirloin

Berikutnya ada daging sirloin, daging ini posisinya berada di atas dan bawah tenderloin (lihat gambar di atas).Dagin sirloin terbagi menjadi tiga bagian, ada top sirloin, dan bottom sirloin. Daging sirloin memiliki tekstur yang lebih kenyal dan mengandung lemak lebih banyak. Harga daging atau steak sirloin biasanya lebih murah dibanding tenderloin.

RIB EYE

Foto: .Thespruceeats.com

Selanjutnya ada rib eye. Dagin rib adalah daging sapi yang berasal dari daging di sekitar tulang iga atau tulang rusuk. Sementara rib-eye adalah potongan dalam bentuk steak bisa dengan tulang (bone in) atau tanpa tulang (boneless). Biasanya bagian ini digunakan sebagai bahan dasar makanan khas Makassar, sop konro. Daging rib eye dikenal juga sebagai fillet Scotch di Australia dan Selandia Baru.

Dikutip dari AloDokter.com, daging sapi merupakan makanan yang mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh, seperti protein, vitamin B, zinc, selenium, dan zat besi.

Namun, tidak disarankan untuk mengonsumsi daging sapi secara berlebihan karena dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti penyakit kardiovaskular hingga kanker usus besar. Jangan lupa makan sayur dan buah juga ya!

Tulis di kolom komentar ya, kamu lebih suka daging tenderloin, sirloin, atau rib eye?

Foto header: Unsplash/José Ignacio Pompé

Baca juga:

MENCOBA DAGING ASAP SE’I SAPI LAMALERA DI BANDUNG

MENCOBA SATE AFRIKA CONDET, SATE DOMBA YANG EMPUK

MAKAN SEHAT DAN ENAK DI RESTORAN SOMAYOGA VEGAN JOGJA

Hola, I'm Yudi! a content and social media specialist. I write articles about movies, TV series, music, pop culture, Pokémon, travel, food, life hacks, lifestyle, and digital marketing.

Comments
  • Hastira

    jadi inget saat kuliah tentang perdagingan

    July 1, 2021
  • setiap kali ke steak house, pasti pesennya Tenderloin.. tapi kadang penasaran sama rib eye :’)

    July 2, 2021
  • sesekali pengin coba rib eye

    seringnya tenderloin dan sirloin siiihhh

    July 6, 2021
  • penting nihhhhh buat diriku yang suka masak daging bisa pilih daging yang sesuai untuk dimasak. Jadi bisa pas dengan masakannya dan rasanya pasti jempolan

    July 7, 2021
  • woalah baru tau aku bedanya daging iini. tapi emang efek rasanya beda banget sich, kalau aku enak tenderloin hihi. gimana gituu

    July 7, 2021
  • Tenderloin emang lebih empuk dan tebal ya. Tapi aku biasanya pesan sirloin soalnya murah. Hehe. Melas sih

    July 7, 2021
Post a Comment

You don't have permission to register