Apa Bedanya Nasi Padang dan Nasi Kapau

APA BEDANYA NASI PADANG DAN NASI KAPAU

Apabedanya.com – Siapa yang gemar makan nasi padang? Rasanya semua orang suka nasi padang ya. Oh iya kamu sudah pernah mencoba nasi kapau belum? Walau sama-sama bikin ngiler, nasi kapau beda loh dengan nasi padang. Nah biar gak ketuker, simak perbedaan nasi padang dan nasi kapau di bawah ini!

APA BEDANYA NASI PADANG DAN NASI KAPAU

NASI PADANG

Pertama kita akan bahas nasi padang. Restoran nasi padang atu rumah makan padang biasaya menyajikan lauk yang bertumpuk berdasarkan jenisnya di piring-piring kecil, kemudian dipajang di etalase kaca. Jika makan di rumah makan Padang, kita dapat memilih makan nasi dengan cara dihidang dengan pilihan banyak lauk atau dirames. 

BACA JUGA: 11 REKOMENDASI KULINER YOGYAKARTA YANG ENAK DAN RAMAI DIJKUNJUNGI

APA BEDANYA NASI PADANG DAN NASI KAPAU
Foto: Twitter/GoDisko

Lebih jelasnya, dihidang berarti kita bisa langsung duduk dan menunggu pelayan mengantarkan piring-piring lauk ke meja kamu. Sementara dirames artinya kita memilih mau makan (nasi) dengan lauk apa, baru kemudian memilih tempat duduk. Untuk menu nasi padang biasaya ada ayam pop, ikan bakar, ayam bakar, rendang, gulai tunjang, cincang daging, tunjang (kikil), gulai otak, gulai ayam, dan lauk umum lainnya, di beberapa RM Padang ada yang menyajikan lauk ayam bakar penyet cabai hijau, lele bakar, bahkan udang bakar jumbo. Harga nasi padang bisa lebih murah, bisa juga lebih mahal, ini tergantung lokasi restorannya ya. 

PERBEDAAN NASI PADANG DAN NASI KAPAU

NASI KAPAU

Berikutnya nasi kapau. Restoran nasi kapau lauk-pauknya biasa disajikan dalam baskom-baskom alumunium yang tersusun di meja panjang dan bertingkat, penjualnya stand-by di belakang meja dan siap mengambilkan lauk pilihan kita dengan sendok batok kelapa bergagang panjang, ini berfungsi mengambil lauk yang jauh. Nah di restoran nasi kapau, hanya ada sistem rames. Artinya, kamu tidak bisa request beberapa lauk di meja makan layaknya di rumah makan padang. 

BACA JUGA: 10 REKOMENDASI KULINER PADANG RIA SW, BIKIN NGILER!

APA BEDANYA NASI PADANG DAN NASI KAPAU
Foto: Twitter/Dinsyahumar

Sementara itu, restoran nasi kapau umumnya menjual jenis lauk yang seragam. Mulai dari gulai ayam, ayam balado, ayam bumbu (ayam goreng dengan parutan lengkuas), cincang daging, gulai ikan batalua (ikan mas dengan tambahan telur ikan dalam badannya), dendeng, tambunsu (usus sapi berisi olahan telur dan tahu di dalamnya), rendang daging, rendang ayam, gulai tunjang (kikil), serta hati dan limpa sapi. Kadang ada juga yang menyajikan randang itiak (rendang itik/bebek). Lauk nasi kapau yang ikonik dan sering diulas banyak pecinta kuliner tambunsu.

Lauk nasi kapau memang terlihat banyak. Namun kamu tidak akan menjumpai menu ayam pop, paru goreng kering, atau tidak bisa minta talua barendo (telur dadar dengan pinggiran kering) di restoran nasi kapau. Untuk harga nasi kapau biasanya lebih mahal, namun ini tergantung lokasi restoran ya. Untuk mencoba nasi kapau, kamu bisa berkunjung ke kawasan Senen, Jakarta Pusat. Banyak penjual nasi kapau di jalan Kramat Raya (pinggir fly over). 

Sekarang sudah tahu dong apa bedanya nasi padang dengan nasi kapau. Cara penyajian makannya dan lauk-lauknya ternyata berbeda. Nah kamu lebih suka yang mana nih? Nasi padang atau nasi kapau? Tulis di kolom komentar ya!

BACA JUGA: 5 REKOMENDASI KULINER GLODOK DARI @ASTODIAAL YANG ENAK

Jangan lupa follow media sosial Apabedanya.com di Instagram @apabedanyacom dan Twitter @apabedanyacom untuk mendapatkan update perbedaan dan perbandingan segala hal. Menghadirkan juga konten budaya pop, lifestyle, internet, kesehatan, teknologi, hingga life hacks.

Baca juga artikel lainnya dari Tri Wahyudi di Apabedanya.com!

Apabedanya.com merupakan situs independen, bantu dan dukung kami untuk meracik konten lebih baik lagi. Kamu bisa memberikan tip melalui tautan ini. 

BACA JUGA: DAFTAR MENU WARPOPSKI TEBET TERBARU 2022

*Foto header: Twitter/@yourychh

Hola, I'm Yudi! a content and social media specialist. I write articles about movies, TV series, music, pop culture, Pokémon, travel, food, life hacks, lifestyle, and digital marketing.

Comments
  • Hastira

    Makasih infonya baik nasi padang maupun nasi kapau , lidah aku menolak. Orang mah suka nasi padang kalau aku kurang suka

    September 2, 2022
  • Suka 2-2 nyaaaa 😍😍😄. Itu enak semua mas 🤣. Fav ku juga yg di Senen untuk nasi Kapau. Tapi utk Padang, aku suka Padang Merdeka, lauk2nya ga terlalu asin . Soalnya kebanyakan kalo resto Padang asin2.. jadi kalo Nemu yg bumbunya pas, aku seneng

    September 2, 2022
Post a Comment

You don't have permission to register
error: Content is protected !!