Apa Bedanya Lumpia, Risoles, dan Kroket

APA BEDANYA LUMPIA, RISOLES, DAN KROKET

Kamu pasti sudah tidak asing dengan jajanan pasar bernama lumpia, risoles, dan kroket. Ketiganya jadi favorit semua orang untuk ngemil ataupun untuk acara khusus. Nah Apabedanya.com akan menjelaskan perbedaan dari lumpia, risoles, dan kroket. Simak yuk di bawah ini!

APA BEDANYA LUMPIA, RISOLES, DAN KROKET

LUMPIA

Lumpia merupakan makanan atau cemilan yang berasal dari Tionghoa, terdiri dari lembaran tipis tepung gandum yang dijadikan sebagai pembungkus isian yang umumnya adalah rebung, telur, sayuran segar, daging, atau makanan laut. Lumpia biasanya disantap dengan saus khusus yang terbuat dari bawang, air, gula merah, dan tepung sagu. Nah Lumpia menjadi cemilan khas kota Semarang. Sangat cocok untuk oleh-oleh jika berwisata ke Semarang. Oh iya ada dua versi lumpia yaitu basah dan kering.

MENCOBA LUMPIA BASAH

APA BEDANYA LUMPIA, RISOLES, DAN KROKET
Foto: Tri Wahyudi @yudichu

Sebelumnya saya sudah mencoba lumpia kering di Semarang langsung dan rasanya memang enak. Kemarin (10/6), saya mencoba lumpia basah di hotel Grand Tjokro Premiere Bandung. Saat sarapan saya melihat kedainya dan langsung penasaran. Jadi isiannya dimasak terlebih dahulu, berisi sayuran dan telur. Setelah matang, dituang ke kulit dadar yang sudah disediakan di piring. Jika melihat gambar lumpia basah di Google seperti tumisan yang diletakan di kulit dadarnya. Rasanya kurang begitu nendang tapi setidaknya rasa penasaran terjawab sudah. Mungkin harus coba langsung di kota Semarang ya!

Baca juga: 5 TEMPAT WISATA MURAH DI KOTA SEMARANG

RISOLES

APA BEDANYA LUMPIA, RISOLES, DAN KROKET
Foto: YouTube/Mama Adeeva

Risoles merupakan makanan atau cemilan pastri berisi daging, biasanya daging cincang, dan sayuran yang dibungkus dadar, dan digoreng setelah dilapisi tepung panir dan kocokan telur ayam. Isi risoles dapat berupa daging ayam, daging sapi, daging ikan, udang, jamur kancing, wortel, kentang, atau buncis, bahkan ada yang memasukan mayo ke dalam isiannya. Adonan dadar dibuat dari campuran tepung terigu, kuning telur, mentega (margarin), dan air atau susu. Ada du jenis risoles yang dikenal di Indonesia, pertama risoles sayuran bercampur daging tumis, dan risoles yang berbentuk segitiga dengan sebutan ragout. Kamu bisa menyantap risoles dengan saus kacang, saus sambal botolan, atau lebih nikmat dengan cabai rawit.

KROKET

APA BEDANYA LUMPIA, RISOLES, DAN KROKET
Foto: Unilever Food Solutions

Kroket merupakan makanan yang terbuat dari kentang tumbuk, diisi dengan ayam cincang atau ragout, setelah memasukkan isian ayam ke dalam bola kentang tumbuk, kemudian dilapisi tepung roti dan digoreng. Kroket menjadi salah satu makanan ringan populer di Indonesia, yang diperkenalkan pada masa pemerintahan kolonial Belanda. Kroket juga ada di seluruh dunia, di Jepang disebut korokke, di India disebut alu tikki, di Filipina disebut croqueta, dan masih banyak lagi.

Nah sekarang sudah tahu apa bedanya lumpia, risoles, dengan kroket kan? Semuanya sama-sama digoreng, yang membedakan kulit pembungkusnya dan isiannya. Mana yang jadi kesukaan kamu? Tulis di kolom komentar ya!

Foto header: Asian Food Network

Baca juga:

3 KULINER WAJIB COBA DI SURABAYA

APA BEDANYA COMBRO DAN MISRO

MULAI DARI SOTO KUNING PAK YUSUP, YUK ICIP KULINER KOTA BOGOR

Hola, I'm Yudi! a content and social media specialist. I write articles about movies, TV series, music, pop culture, Pokémon, travel, food, life hacks, lifestyle, and digital marketing.

Comments
  • Sering banget lewat lumpia sami jaya, tapi belum pernah sekali pun mampir, hehe…
    Lumpia memang yang paling khas (buat saya) adalah yang dari semarang, isinya bukan tumis sayuran melainkan rebung.

    June 11, 2021
  • Dulu mama sering bikin 3 kue itu:). Makanya aku udh tahu bedanya sejak dulu. Dan sukaaaaa Ama semuanya. Risol, lumpia atopun kroket. Ah Jadi laper. Yg paling susah skr ini dicari ya lumpia. Belum Nemu yg seenak di Semarang kalo di JKT ini. 🙂

    June 13, 2021
Post a Comment

You don't have permission to register
error: Content is protected !!