Apa Bedanya Cempedak dan Nangka? Cari Tahu Perbedaannya di sini

APA BEDANYA CEMPEDAK DAN NANGKA? CARI TAHU PERBEDAANNYA DI SINI

Apabedanya.com – Serupa tapi tak sama! Banyak yang masih mengira cempedak dan nangka itu sama, ternyata berbeda loh. Keduanya sama-sama harum, berbuah manis, memiliki aroma yang khas, dan tumbuh di Asia Tenggara. Supaya tidak tertukar mari simak perbedaan cempedak dan nangka di bawah ini!

APA BEDANYA CEMPEDAK DAN NANGKA

Aroma

Wangi buah cempedak lebih menyengat, walau kulit buahnya belum dibuka, sekilas mirip dengan aroma buah durian. Sementara, aroma nangka cenderung lebih lembut dan tidak terlalu menyengat.

APA BEDANYA CEMPEDAK DAN NANGKA? CARI TAHU PERBEDAANNYA DI SINI
Cempedak, bentuknya lonjong tak beraturan | Foto: Twitter/@amaninanaeeim

Bentuk

Berdasarkan bentuk cempedak dan nangka terlihat sama, keduanya memiliki kulit atau lapisa luar yang runcing. Namun ukuran cempedak biasanya lebih kecil dari nangka, cempedak juga memiliki bentuk lonjong tak beraturan, sementara nangka berbentuk lonjong beraturan.

BACA JUGA:

APA BEDANYA UDON, RAMEN, DAN SOBA
APA BEDANYA LUMPIA, RISOLES, DAN KROKET
APA BEDANYA COMBRO DAN MISRO

APA BEDANYA CEMPEDAK DAN NANGKA? CARI TAHU PERBEDAANNYA DI SINI
Buah cempedak | Foto: Halodoc.com

Daging Buah

Untuk daging buah, cempedak dan nangka memiliki warna kuning pucat hingga oranye. Hal yang membedakan bentuk kedua buah. Untuk nangka, dagingnya lebih lonjong, padat, kenyal, dan berserat besar. Sementara buah cempedak sedikit lebih manis, harum, dan lembut mirip tekstur durian, bentuknya juga lebih gemuk.

Olahan

Untuk olahan cempedak dan nangka dapat dioleh beraneka ragam. Sajian yang paling umum dari keduanya yaitu gorengan, cempedak goreng sangat populer. Paling enak, daging buah bisa dimakan secara langsung. Olahan nangka juga dapat ditemukan sebagai irisan dessert, contohnya pada es teler. Nangka muda bisa dijadikan bahan masakan, seperti gudeg atau sayur nangka. Biji nangka pun banyak kegunaannya, bisa dijadikan satu dengan masakan kolak nangka, kemudian bisa dijadikan tepung. Biji nangka yang direbus dapat diolah menjadi masakan tumis.

APA BEDANYA CEMPEDAK DAN NANGKA? CARI TAHU PERBEDAANNYA DI SINI
Pohon nangka | Foto: Kampustani.com

Sementara itu, cempedak lebih banyak diolah sebagai campuran olahan kue, seperti kue bolu. Di Kalimantan, cempedak atau bahasa Banjar-nya tiwadak, selain dikonsumsi daging buah dan bijinya, kulitnya pun dapat diolah menjadi makanan. Kulit cempedak biasa dikonsumsi masyarakat luas sebagai salah satu lauk dengan diolah secara dimasak tumis atau digoreng yang dinamakan mandai atau ada juga yang menyebutnya dami.

Nah sekarang udah tau apa bedanya dua buah ini dan enggak bingung lagi kan membedakan cempedak dan nangka? Kalau kamu punya perbedaan lainnya, tulis di kolom komentar ya!

BACA JUGA:

APA BEDANYA LONTONG, KETUPAT, DAN BURAS
APA BEDANYA SPAGETI DENGAN JENIS PASTA LAINNYA
APA BEDANYA GADO-GADO, KAREDOK, DAN PECEL

Jangan lupa follow media sosial Apabedanya.com di Instagram @apabedanyacom dan Twitter @apabedanyacom untuk mendapatkan update perbedaan dan perbandingan segala hal. Menghadirkan juga konten budaya pop, lifestyle, internet, kesehatan, teknologi, hingga life hacks.

Baca juga artikel lainnya dari Tri Wahyudi di Apabedanya.com!

Apabedanya.com merupakan situs independen, bantu dan dukung kami untuk meracik konten lebih baik lagi. Kamu bisa memberikan tip melalui tautan ini. 

Hola, I'm Yudi! a content and social media specialist. I write articles about movies, TV series, music, pop culture, Pokémon, travel, food, life hacks, lifestyle, and digital marketing.

Comments
  • Tampilan memang sama dan identik, tapi rasanya beda banget wkwk.

    August 25, 2022
  • Hastira

    Aku sering salah membedakan. Baik nangka dan cemoedak aku kurang suka krn baunya

    August 26, 2022
Post a Comment

You don't have permission to register
error: Content is protected !!