Sering dianggap serupa, makanan berbahan dasar sayuran ini memiliki perbedaan lho. Gado-gado, Karedok, dan Pecel merupakan makanan asal Indonesia yang sama-sama dinikmati dengan bumbu atau saus kacang.

Walau sekilas sama mereka sebenarnya berbeda lho, yuk simak apa bedanya Gado-gado, Karedok, dan Pecel.

Gado-Gado

Gado-gado merupakan makanan asal Indonesia berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur menjadi satu, dengan bumbu kacang atau saus dari kacang tanah yang dihaluskan. Penyajiannya disertai irisan telur dan dinikmati dengan emping goreng atau kerupuk (terkadang memakai kerupuk udang).

Gado-gado dapat dimakan begitu saja seperti salad dengan bumbu atau saus kacang, tetapi juga dapat dimakan beserta nasi putih atau lontong. Yang membedakan Gado-gado dari yang lainnya adalah beberapa sayurannya direbus dan menambahkan potongan tempe dan kentang.

Gado-gado sendiri berasal dari daerah  DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Baca juga: Apa Bedanya Lontong, Ketupat, dan Buras

Karedok

Karedok atau keredok merupakan salah satu makanan khas Sunda, Jawa Barat. Karedok dibuat dengan bahan-bahan sayuran mentah antara lain; mentimun, taoge, kol, kacang panjang, daun kemangi, dan terong.

Foto: kulinerdago.com

Sedangkan sausnya adalah bumbu kacang yang dibuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam, dan terasi. Karedok biasanya menjadi makanan pelengkap alias lauk dalam menu sehari-hari.

Yang membedakan Karedok dari lainnya yaitu bahan sayurannya tidak direbus alias mentah. Karedok pun nikmat disantap dengan kerupuk.

Pecel

Pecel atau pecal merupakan makanan yang juga menggunakan bumbu sambal kacang sebagai bahan utamanya dan dicampur dengan aneka jenis sayuran. Makanan ini populer terutama di wilayah DI Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Dalam bahasa Jawa, pecel dapat diartikan sebagai ‘tumbuk’ atau ‘dihancurkan dengan cara ditumbuk’.

Pecel terdiri dari sayur yang direbus dan lauk yang dihidangkan dengan alas yang berbeda-beda sesuai kota asal pecel, misalnya piring lidi yang disebut ingke, pincuk, atau tampah bambu. Sayuran yang dihidangkan antara lain kacang panjang, taoge, mentimun, daun singkong, dan daun kemangi.

Foto: pergikuliner.com

Bumbu sambal kacang yang disiramkan di atas pecel disebut sambal pecel yang terbuat dari campuran kencur, gula merah, garam, cabai, kecombrang, daun jeruk purut, dan kacang tanah sangrai yang dicampur, ditumbuk, atau diulek.

Makanan ini juga mirip dengan gado-gado yang dibedakan oleh campuran bahan dan tekstur bumbunya. Selain itu yang membedakan Pecel dengan Gado-gado dan Karedok, menyantapnya tanpa harus kerupuk atau emping melainkan rempeyek.

Nah sekarang sudah tahu kan perbedaan Gado-gado, Karedok, dan Pecel? Walau mereka sama-sama diberi bumbu kacang ternyata beda lho. Mulai dari asal makanan hingga bahan-bahan sayurannya. Wah jadi lapar ya.

Foto header: Wikipedia

Baca juga:

Makan Sehat dan Enak di Restoran Somayoga Vegan Jogja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here