Apa Bedanya SEO On Page dengan SEO Off Page?

APA BEDANYA SEO ON PAGE DENGAN SEO OFF PAGE

Setelah membandingan perbedaan SEO dengan SEM, sekarang kita mau membandingkan perbedaan SEO On Page dengan SEO Off Page. Wah apa sih itu? Seperti yang kita tahu SEO (Search engine optimization) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis dengan tujuan meningkatkan traffic sebuah situs. Nah untuk cari tahu apa bedanya SEO On Page dan Off Page, simak di bawah ini ya!

APA BEDANYA SEO ON PAGE DENGAN SEO OFF PAGE

Pertama kita akan membahas SEO On Page. SEO On Page sendiri yaitu mengoptimalkan konten dari dalam website, supaya masuk dalam halaman pertama mesin pencari dan mudah dicari oleh user. Kita harus membuat konten dalam website menjadi SEO-friendly sehingga dapat bersaing dengan website kompetitor.

BACA JUGA: APA ITU DA DAN PA? SIMAK PERBEDAAN DOMAIN AUTHORITY DAN PAGE AUTHORITY

PENGERTIAN SEO ON PAGE

APA BEDANYA SEO ON PAGE DENGAN SEO OFF PAGE?

SEO On Page itu berfokus pada meta description, URL title, alt text untuk gambar, tag title, internal link, dan site speed. Mengambil contoh pada di gambar, saya menggunakan plugin Yoast SEO dan mengoptimalkan SEO tittle dan meta description. Usahakan keyword ada di dalam artikel, plugin ini juga memberikan saran jika keyword sudah oke.

PENGERTIAN SEO OFF PAGE

Nah kalau SEO Off Page adalah mengoptimalkan konten dari luar website, mengambil contoh backlink atau eksternal link yang masuk ke website kita. Bagi blogger cukup mudah untuk menyebar backlink, yaitu dengan blogwalking dan memberikan komentar dan menambahkan url di blog ya kamu kunjungi.

BACA JUGA: APA BEDANYA ATL, BTL, DAN TTL DALAM MARKETING

Sementara untuk brand biasanya merilis konten release atau press release ke media online, jika topik menarik biasanya editor akan menaikkan artikel dan memberikan backlink ke brand kamu. Intinya kamu harus menjaga hubungan yang baik dengan media/blogger untuk mendapatkan backlink. Ini merupakan pekerjaan dari public relation.

APA BEDANYA SEO ON PAGE DENGAN SEO OFF PAGE?
Foto: Pixabay

MANFAAT BACKLINK

Karena membahas backlink, berikut manfaat dari backlink bagi sebuah situs atau website. Selain mendapatkan traffic dari eksternal, berikut manfaat dari backlink!

  • Meningkatkan kredibilitas website
  • Meningkatkan Search Engine Results Page (SERP)
  • Website menjadi lebih mudah terindex di search engine
  • Meningkatkan traffic secara organik

BACA JUGA: 5 LAYANAN URL SHORTENER GRATIS DAN BISA CUSTOM LINK

Manfaat lainnya kamu juga dapat membangun hubungan sesama dengan website lain atau blogger. Oh iya saat menyisipkan backlink ke sebuah situs kamu harus pilih-pilh, karena jika menanamkan link di situs yang kurang bagus performanya atau not secure akan membuatmu DA (Domain Authority) kamu turun.

Semoga penjelasan SEO On Page dan SEO Off Page di atas dapat menjawab penasaran kamu. Oh iya, jika kamu punya pendapat lain, yuk tulis di kolom komentar biar bisa belajar bareng.

BACA JUGA: APA BEDANYA SEO DAN SEM?

Foto header: Unsplash/Alizée Baudez

Hola, I'm Yudi! a content and social media specialist. I write articles about movies, TV series, music, pop culture, Pokémon, travel, food, life hacks, lifestyle, and digital marketing.

Comments
  • wuah terima kasih ya penjelasannya
    mungkin aku boleh request, untuk dijelasin apa keunggulan seo on page dan seo off page
    apa keunggulannya sama ya? hahaha
    maksudku dari segi waktu, biaya, pengerjaan, dll

    August 3, 2021
  • Blogger memang harus belajar tentang SEO on-Page dan SEO off-Page. Karena setiap bagian dari aktivitas ngeblog ya selalu terkait dengan dua hal ini.
    Semangat belajar bagi yang sedang belajar.
    Temani saya yang katanya sudah senior karena usia tapi tetap belajar tentang SEO on-Page dan SEO off-Page

    August 4, 2021
  • asiaaaaap…….
    emang biar gimanapun jadi bloger ga cukup cuma nulis doang ya. ada banyak PR yang harus diekrjakan, termasuk SEO on Page dan of Page-nya. Insya allah aku cukup rajin kok nanem link di sana sini (kalau lagi ga males)

    August 4, 2021
  • Oke. Baruuu banget paham tentang “menjaga hubungan baik dengan brand siapa tau kita dapat backlink dari brand tsb” wah.. Sangat patut untuk dipraktikan ini, Kak.

    August 5, 2021
  • Selain menulis konten, blogger juga harus mengoptimalkan kontennya ya, baik dengan SEO on Page atau SEO off Page. Saya juga inginnnya bisa menanam backlink di banyak website dengan cara BW, tapi kadang ada teman blogger yang blognya diseting gak pakai URL, jadi gak bisa tanem backlink di sana, deh!

    August 5, 2021
  • Tahu dan kenal tentang SEO ON page dan SEO off page sebenarnya beberapa tahun lalu, tapi mulai (sedikit-sedikit) paham bedanya dan bagaimana cara menerapkannya di Blog, saya termasuk blogger yang “telat”. Baru belakangan ini mulai dapat pencerahan bagaimana mengelola dan menerapkan SEO ON page dan SEO off page ini

    August 5, 2021
  • Kalau mau blog cakep dan memang sudah ada fokus untuk monetisasi, kedua seo on page dan seo off page ini perlu dimaksimalkan biar tetap terawat. Plus ilmu seo juga banyak sekali caranya, kaya nggak abis-abisnya hihi~ tapi perlu hati-hati sih jgn sampai pakai seo black hat juga

    August 5, 2021
  • Waah…aku jadi paham sekarang mengenai SEO On Page dan SEO off page.
    Karena selama ini aku pikir hanya perlu membuat konten berkualitas aja, tapi ternyata ada hal-hal lain yang kudu diperhatikan.

    August 5, 2021
  • Nah lgsg makjleb ini pertanyaan yg sering ditanyakan di search lgsg dijawab tuntas. Trims!

    August 6, 2021
  • dulu sering ngulik blog dan nulis menerapkan SEO
    sekarang malas2an
    tapi baca tulisan ini jadi semangat lagi tuk merawat blog
    terimakasih ya

    August 6, 2021
Post a Comment

You don't have permission to register
error: Content is protected !!