Apa Bedanya ATL, BTL, dan TTL Dalam Marketing

APA BEDANYA ATL, BTL, DAN TTL DALAM MARKETING

Bagi kamu anak marketing pasti sudah tahu istilah ATL, BTL, dan TTL ya. Namun bagi yang ingin mendalami dunia marketing dan bingung perbedaan dari mereka, yuk simak penjelasannya sekaligus contohnya di Apabedanya.com!

APA BEDANYA ATL, BTL, & TTL?

ATL (ABOVE THE LINE)

ATL (Above the Line) merupakan aktivitas marketing yang dilakukan dengan tujuan memperkenalkan brand serta meningkatkan awareness produk secara luas ke semua orang. Contoh ATL ini biasanya dilakukan di spanduk, baliho, TV, radio, dan media cetak, di mana dapat dilihat banyak orang dari semua demografi.

ATL menjadi cara yang baik untuk mempromosikan brand atau produk baru, akan tetapi sulit untuk mengukur dampak yang tepat dan ROI (Return of Investment). Inilah sebabnya mengapa tidak bertarget; tujuannya bukan untuk melihat tingkat conversion yang tepat melainkan untuk membuat pelanggan secara umum mengetahui brand atau produk kamu.

BTL (BELOW THE LINE)

APA BEDANYA ATL, BTL, DAN TTL DALAM MARKETING
Foto: Unsplash/Van Tay Media

Berikutnya, BTL (Below the Line) merupakan aktivitas marketing yang merupakan kebalikannya dari ATL. BTL adalah aktivitas marketing yang menargetkan dengan sasaran produk atau brand tersebut ditujukan. Aktivitas marketing ini sering juga disebut dengan istilah pemasaran langsung (direct marketing). Ditargetkan, biasanya ditujukan ke konsumen setia, atau calon konsumen yang memang memiliki ketertarikan dengan produk atau brand.

Contoh BTL yaitu pemasaran email dan direct marketing. BTL juga berbeda dengan ATL karena lebih fokus pada ROI (Return of investment), memperoleh konversi pengguna, dan mengukur keberhasilan. Bentuk pemasaran ini biasanya mudah diukur dengan keuntungan dari hasil yang sangat dapat dilacak.

TTL (THROUGH THE LINE)

TTL (Through the Line) merupakan aktivitas marketing gabungan dari ATL dan BTL. TTL merupakan aktivitas marketing dengan tujuan meningkatkan awareness brand dan menargetkan pelanggan potensial tertentu dan mengubahnya menjadi penjualan yang terukur.

Contoh TTL yaitu pemasaran 360 derajat, di mana kamu tidak hanya menjalankan kampanye TV nasional tetapi juga melengkapinya dengan brosur, voucher, dan iklan surat kabar yang ditargetkan. Contoh lainnya yaitu menggunakan pemasaran digital, menggabungkan iklan banner online dengan konten media sosial dan blog.

Nah sekarang sudah tahu kan perbedaan ATL, BTL, dan TTL? Jika kamu memiliki pendapat lain dan contoh dari ketiga aktivitas marketing di atas bisa ditulis di kolom komentar.

Sumber: TBS-Marketing

Foto header: Unsplash/ Diggity Marketing

Baca juga:

DAFTAR SITUS FOTO GRATIS UNTUK ARTIKEL DI BLOG
CARA MENJADWALKAN KONTEN INSTAGRAM LEWAT CREATOR STUDIO FACEBOOK
DAFTAR UKURAN COVER HEADER MEDIA SOSIAL TWITTER, FACEBOOK, LINKEDIN, & YOUTUBE
APA BEDANYA SEO DAN SEM?

Hola, I'm Yudi! a content and social media specialist. I write articles about movies, TV series, music, pop culture, Pokémon, travel, food, life hacks, lifestyle, and digital marketing.

Comments
  • jadi tahu istilah ATL, BTL, dan TTL di digital marketing deh. selama ini tahu praktik-praktiknya, namun nggak tahu kalau itu ternyata punya istilah, hahaha. sedangkan ketiganya juga erat sekali apalagi bagi yang suka belanja, jadi sekaligus mengamati cara2 marketingnya 😀

    June 22, 2021
  • Ini ilmu yg bagus banget!
    Perlu diketahui banyak orang, termasuk konsumen

    Mahasiswa manajemen/ bisnis/ marketing juga perlu baca nih.

    June 23, 2021
  • Saya baru tahu istilah ATL, BTL dan TTL ini, padahal melihat contohnya setiap hari. Memang ya, kalau bicara istilah memang kadang bikin jerih sendiri padahal jika dijelaskan seperti ini langsung paham. Ooooh… gitu.

    June 23, 2021
  • Ternyata ada banyak istilah dalam marketing ya. Aku baru tahu nih tentang ATL, BTL, dan TTL dalam marketing. Orang-orang marketing keren ya bisa mengombinasikan ketiga metode ini dalam proses penjualan mereka.

    June 24, 2021
  • Wah aku baru tahu ada istilahnya kak. Selama ini paling tahunya brand awarness aja kak. Jadi lebih paham sekarang. Semua tergantung sasarannya apa ya kak

    June 24, 2021
  • Walaupun sering nemu contoh-contohnya, tapi baru tahu istilah atau penamaannya, Mas Yudi. Makasih ya udah berbagi, sangat bermanfaat buat pengetahuan baru. Aku juga merintis bisnis, tapi baru jualan di marketplace. Masuknya TTL ya? Tapi belum bisa pakai baliho apalagi iklan di stasiun radio hehe.

    June 24, 2021
  • Wah…namanya ilmu itu luas sekali yaa…
    Dari sini, aku jadi memahami teknik strategi masing-masing. Pasti ada yang paling dipilih dan paling pas untuk brand yang sedang kita ingin iklankan.

    June 24, 2021
  • barokallah nambah lagi pengetahuan tentanga ALT, BTL, TTL di dunia marketing
    makasih mas Yud, jadi ngerti nih istilah-istilahnya

    June 24, 2021
Post a Comment

You don't have permission to register