Apa Bedanya SEO dan SEM?

bedanya seo dan sem

Bagi kamu yang memiliki blog atau memang bekerja sebagai content writer pasti sudah akrab dengan SEO dan SEM. Bagi yang sedang mencari pengertian, perbedaan, kesamaan, dan fungsinya, mari merapat. Berikut bedanya SEO dan SEM!

PENGERTIAN SEO DAN SEM

SEO merupakan singkatan dari search engine optimization. SEO merupakan proses optimasi situs berserta segala aspeknya, mulai dari konten, sistem, dll. Berfungsi agar peringkat situs bagus di mesin pencari (Google). SEO sangat bagus untuk meningkatkan jumlah pengunjung situs atau blog, supaya muncul di peringkat teratas hasil pencarian.

bedanya seo dan sem
Contoh SEO dengan keyword “geluduk adalah” di situs Apabedanya.com

SEM merupakan singkatan dari search engine marketing. SEM merupakan bentuk pemasaran di internet melalui kegiatan promosi situs dengan cara meningkatkan visibilitas situs di halaman hasil mesin pencari. SEM sendiri jangkauannya lebih luas, di mana membutuhkan komponen SEO.

Bedanya SEO dan SEM

Sekarang kita ulas perbedaan SEO dan SEM. SEO merupakan strategi organik (on page dan off page), sementara SEM berbayar agar iklan bisa terus ditampilkan. SEO merupakan strategi sangat bagus karena bisa untuk jangka panjang. Selain itu potensi CTR (click-through rate) SEO lebih tinggi dibanding SEM.

Perbedaan SEM selain berbayar, saat kita mencari sesuatu di mesin pencari, di hasil pencarian memiliki logo “iklan/ads”. SEM dapat memilih target audience seperti usia, lokasi dsb. Hasil SEM pun lebih cepat dibanding SEO. Terakhir SEM dapat merivisi judul iklan dan mengubah target audience untuk testing.

bedanya seo dan sem
Contoh SEM dengan keyword “Tokopedia” di situs Tokopedia

PERSAMAAN SEO DAN SEM

SEO dan SEM memiliki kesamaan, yaitu membantu situs atau blog muncul di peringkat teratas mesin pencarian. Keduanya bertujuan meningkatkan traffic. Kemudian SEO dan SEM memerlukan riset keyword yang populer.

Nah sudah paham kan bedany SEO dan SEM? Jika kamu punya pendapat lain mengenai perbedaan SEO dan SEM bisa tulis di kolom komentar!

Baca juga:

APA BEDANYA ADVERTISER DENGAN PUBLISHER

APA BEDANYA GOOGLE ADS DAN FACEBOOK ADS

5 LAYANAN URL SHORTENER GRATIS DAN BISA CUSTOM LINK

APA BEDANYA CONTENT WRITER DENGAN COPYWRITER

Hola, I'm Yudi! A content and social media Specialist. I write articles about movies, TV series, music, pop culture, Pokémon, travel, food, life hacks, and digital marketing.

Post a Comment

You don't have permission to register