Apa Bedanya SEO dan SEM?

bedanya seo dan sem

Bagi kamu yang memiliki blog atau memang bekerja sebagai content writer pasti sudah akrab dengan SEO dan SEM. Bagi yang sedang mencari tahu pengertian, perbedaan, kesamaan, dan fungsinya, mari merapat. Berikut apa bedanya SEO dan SEM!

PENGERTIAN SEO DAN SEM

SEO merupakan singkatan dari search engine optimization. SEO merupakan proses optimasi situs berserta segala aspeknya, mulai dari konten, sistem, dll. Berfungsi agar peringkat situs bagus di mesin pencari (Google). SEO sangat bagus untuk meningkatkan jumlah pengunjung situs atau blog, supaya muncul di peringkat teratas hasil pencarian.

BACA JUGA: 5 LAYANAN URL SHORTENER GRATIS DAN BISA CUSTOM LINK

bedanya seo dan sem
Contoh SEO dengan keyword “geluduk adalah” di situs Apabedanya.com

SEM merupakan singkatan dari search engine marketing. SEM merupakan bentuk pemasaran di internet melalui kegiatan promosi situs dengan cara meningkatkan visibilitas situs di halaman hasil mesin pencari. SEM sendiri jangkauannya lebih luas, di mana membutuhkan komponen SEO. Untuk mendapatkan ekstra informasi mengenai SEO, kamu bisa nonton penjelasan SEO dari Googel Digital Garage di bawah ini!

Bedanya SEO dan SEM

Sekarang kita ulas perbedaan SEO dan SEM. SEO merupakan strategi organik (on page dan off page), sementara SEM berbayar agar iklan bisa terus ditampilkan. SEO merupakan strategi sangat bagus karena bisa untuk jangka panjang. Selain itu potensi CTR (click-through rate) SEO lebih tinggi dibanding SEM.

BACA JUGA: APA BEDANYA GOOGLE ADS DAN FACEBOOK ADS

Perbedaan SEM selain berbayar, saat kita mencari sesuatu di mesin pencari, di hasil pencarian memiliki logo “iklan/ads”. SEM dapat memilih target audience seperti usia, lokasi dsb. Hasil SEM pun lebih cepat dibanding SEO. Terakhir SEM dapat merivisi judul iklan dan mengubah target audience untuk testing.

bedanya seo dan sem
Contoh SEM dengan keyword “Tokopedia” di situs Tokopedia

Untuk mendapatkan ekstra informasi mengenai SEM, kamu bisa nonton penjelasan SEM dari Google Digital Garage di bawah ini ya.

PERSAMAAN SEO DAN SEM

SEO dan SEM memiliki kesamaan, yaitu membantu situs atau blog muncul di peringkat teratas mesin pencarian. Keduanya bertujuan meningkatkan traffic. Kemudian SEO dan SEM memerlukan riset keyword yang populer.

Nah sudah paham kan bedany SEO dan SEM? Intinya SEO gratis sementara SEM berbayar melalui mesin pencari seperti Google atau Bing. Jika kamu punya pendapat lain mengenai perbedaan SEO dan SEM bisa tulis di kolom komentar!

Baca juga: APA BEDANYA ADVERTISER DENGAN PUBLISHER

Hola, I'm Yudi! a content and social media specialist. I write articles about movies, TV series, music, pop culture, Pokémon, travel, food, life hacks, lifestyle, and digital marketing.

Comments
  • Sering denger SEM tapii baru paham nih diferensiasinya dgn SEO.
    Yap, sebagai content creator, daku juga kudu mengerti hal2 seperti ini, Kak
    Makasiii sharing-nya ya

    July 9, 2021
  • Okey aku sdh menduga sebelumnya, tapi artikel ini mempertegas. Trims infonya ^^

    July 10, 2021
  • wah aku tertarik nih, baru dengar juga apa itu sem. kalo misal mau berbayar tuh kemana ya bayarnya, tulis lebih lengkap donk mau baca

    July 10, 2021
  • Saya baru ada di tahap belajar dan mempraktikkan SEO. Tapi pengin juga kelak mendalami SEM.

    July 10, 2021
  • Biasanya yang sering kulihat pakai SEM tu perusahaan2 gtu makanya suka nongol di atas2 pas buka page one. Sementara ku masih prkatikin SEO aja, entah nanti kalau ada usaha yang butuh website dan pemasaran lbh luas, pengen jg belajar SEM 😀

    July 11, 2021
  • sudah pernah mencoba untuk SEM dan lumayan ngebantu sih. Tapi lebih banyak praktek ke SEO nya biar natural dan bisa berada lama di mesin pencari

    July 11, 2021
  • Aku sudah menerapkan SEO sambil learning by doing, tapi untuk SEM ini belum pernah pakai euy, semoga next bisa coba.

    July 11, 2021
  • Aah…aku baru tahu istilah SEM ini.
    Dan ternyata kalau diperhatikan, mereka rerata perusahaan besar dengan ads yang kuat dan mantap yaa..
    Apakah SEM juga harus selalu di maintenance layaknya SEO?

    July 11, 2021
  • Belum pernah nyoba SEM. Selama ini masih belajar memperbaiki SEO di blog agar bisa optimal di pencarian. Dan belum sempat belajar soal SEMUA juga sih. Mudah-mudahan kedepannya aku bisa keduanya.

    July 12, 2021
Post a Comment

You don't have permission to register
error: Content is protected !!