Apa Bedanya Google Ads dan Facebook ADS

Di zaman serba digital ini, salah satu tempat promosi paling ampuh yaitu di Internet. Banyak layanan yang membuat produk, bisnis, atau brand kalian dikenal banyak orang. Sebut saja yang paling sering digunakan para digital marketer ada Google ads dan Facebook ads. Penasaran kelebihan dan kelemahannya? Yuk simak perbedaanya di bawah ini!

PENGERTIAN GOOGLE ADS DAN FACEBOOK ADS

Sebelum mengenali perbedaanya, mari kita kenali dulu apa itu Google ads dan Facebook ads.

Google ads merupakan program periklanan online Google yang dapat kalian gunakan untuk mempromosikan bisnismu, membantu menjual produk, jasa, atau layanan. Iklan ini berfungsi untuk meningkatkan kesadaran (awereness) akan sebuah produk/merek, dan meningkatkan traffic ke situs kalian.

Facebook ads sendiri merupakan fitur iklan Facebook yang bertujuan untuk mempromosikan atau mengiklankan suatu bisnis langsung ke target audience bisnis kalian berdasarkan aktivitas pengguna dan informasi demografis.

APA BEDANYA GOOGLE ADS DAN FACEBOOK ADS

Perbedaan Google ads dengan Facebook ads yaitu layanan yang menampilkan iklan berdasarkan kata kunci (keyword) yang kamu targetkan. Contoh misalkan kalian memiliki situs atau aplikasi pemesanan tiket bioskop online, keyword yang disarankan ‘tiket bioskop’, ‘beli tiket bioskop’, atau ‘beli tiket online’.

Sementara Facebook ads menampilkan iklan berdasarkan infromasi target audience yang kamu isi mulai dari minat, perilaku, dan demografi. Contoh Facebook ads, semisalnya kalian ingin mempromosikan iklan produk skin care, kalian bisa mengatur target audience di usia misalnya 18-40 tahun, penyuka majalah fashion seperti vogue. Jadi produk kalian tepat sasaran.

Kedua layanan ini sama baiknya dan memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Kembali lagi ke model bisnismu, pemasaran seperti apa yang cocok dan dibutuhkan untuk produk, jasa, atau layanan yang kalian tawarkan. Jadi kalian mau pilih yang mana?

Foto header: Herdmarketing.co.uk

Baca juga:

Apa Bedanya Publisher dan Advertiser

5 Layanan URL Shortener Gratis dan Bisa Custom Link

Hola, Yudi's here! I'm a content and social media Specialist. I write articles about movies, TV series, music, pop culture, life hacks, and digital marketing. I also like to play Pokémon on Nintendo.

Post a Comment

You don't have permission to register