Foto: Pixabay

Mungkin kamu sering mendengar Advertiser dan Publisher di periklanan? Namun kamu kebingungan mencari perbedaannya. Sebutan ini sering muncul jika kamu berkecimpung di dunia digital marketing. Tenang saja, kita akan jelaskan apa bedanya Advertiser dan Publisher.

Apa Bedanya Advertiser dengan Publisher

Advertiser / Pemasang Iklan

Advertiser atau pengiklan adalah orang yang membayar uang untuk menampilkan iklannya. Pengiklan memiliki atau mengendalikan produk atau layanan yang diiklankan karena dialah yang memerintahkan iklan produk.

 

Pengiklan juga dikenal sebagai pengecer atau pedagang. Pengiklan menghasilkan uang lewat ROI (Return of Investment), dengan menjual produk yang diiklankan. Orang yang menggunakan Google Adwords merupakan seorang pengiklan.

Publisher / Penerbit Iklan 

Publisher atau penerbit adalah orang yang mendapatkan uang untuk menampilkan iklan di situsnya. Penerbit mengiklankan produk atau layanan dengan mengarahkan pengguna ke halaman pengiklan, misalnya mengisi formulir atau melakukan pembelian atau membaca detail lebih lanjut tentang produk.

Penerbit dapat menjadi afiliasi atau pengecer atau pada dasarnya sebuah situs yang mempromosikan bisnis. Publisher menghasilkan uang dengan menerbitkan iklan. orang yang mendaftar Google Adsense disebut penerbit, di mana mereka dibayar untuk menjalankan iklan.

 

Bagaimana sudah jelas perbedaan Advertiser dengan Publisher. Kamu punya pendapat lainnya? Tulis di kolom komentar ya.

Baca juga:

5 Layanan URL Shortener Gratis dan Bisa Custom Link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here