Green Book baru saja memenangkan Best Picture di ajang Oscars 2019. Film drama komedi ini dibintangi Mahershala Ali and Viggo Mortensen. Film Green Book menceritakan persahabatan yang diadaptasi dari kisah nyata Don Shirley, pianis keturunan Amerika-Afrika dan Tony Vallelonga, seorang supir dan bodyguard keturunan Italia-Amerika.

Film garapan Peter Farrelly ini laris manis di beberapa ajang penghargaan, salah satunya Academy Awards 2019 mendapatkan 5 nominasi. Semakin penasaran kan?

Menang Best Picture Oscars! Ini 15 Fakta Film Green Book

  1. Bagian piano yang digunakan Doc untuk memukau penonton di bar adalah Frédéric Chopin Etude Op. 25 No. 11 “Winter Wind”. Ini dianggap sebagai salah satu bagian yang paling sulit untuk dimainkan, mendapatkan peringkat 9 (tertinggi) pada skala Tingkat Kesulitan Henle.
  2. Nick Vallelonga mengatakan dia menghabiskan di set syuting dengan menangis karena penggambaran aktor-aktor tersebut sangat nyata terhadap orang tuanya begitu jelas.
  3. Persahabatan antara Don Shirley dan Tony Lip berlangsung lebih dari 50 tahun. Setelah perjalanan dua bulan awal, keduanya berakhir pada tur sekitar satu tahun. Musisi kemudian meminta Tony Lip untuk menjadi sopir dan pengawalnya selama tur Eropa, tetapi dia menolak karena dia tidak ingin dipisahkan dari keluarganya lagi. Keduanya meninggal pada tahun 2013, terpisah 3 bulan. Bagi Nick Vallelonga, Don Shirley adalah teman keluarga.
  4. Judul dan pokok bahasan adalah rujukan ke “Buku Hijau Pengemudi Negro,” juga dikenal sebagai “Buku Hijau Wisatawan Negro.” Diterbitkan dari 1936-1966, panduan ini membantu para pelancong Afrika-Amerika menemukan penginapan, restoran, dan bisnis lain yang akan melayani mereka.
  5. Kris Bowers merupakan komposer film Green Book, dirinya juga pemeran piano ganda Mahershala Ali.
  6. Film ini didedikasikan untuk “Larry the Crow,” seekor burung yang berkeliaran di sekitar lokasi syuting. Viggo Mortensen merawat binatang itu setelah ditabrak mobil.
  7. Mahershala Ali mengklaim bahwa, dalam jamuan produksi pertama mereka untuk membahas naskah, Viggo Mortensen dengan penuh semangat mempersembahkan pilihan salib dan batu giok kepada Peter Farrelly. (“Pete, aku menemukan batu giok yang sempurna!”) Farrelly menggunakan batu itu di film.
  8. Dari saran Vigens Mortensen, film ini tidak memiliki kredit pembuka atau kartu judul. Ini membenamkan pemirsa dalam aksi dan membuat mereka lupa bahwa mereka sedang menonton film.
  9. Peter Farrelly mengatakan Viggo Mortensen, seorang perfeksionis, berkeras untuk melakukan adegan minum susu tiga kali karena dia tidak senang dengan cara dia memegang botol.
  10. Menurut Nick Vallelonga, Johnny Williams, aktor yang memerankan Fat Paulie (yang bersaing dengan Tony dalam kontes makan hot dog), sebenarnya memakan hot dog bersama Tony Lip.
  11. Meskipun difilmkan di Louisiana, adegan badai musim dingin itu nyata. Viggo Mortensen meyakinkan Peter Farrelly dan kru untuk melakukan lembur pada firasat bahwa akan ada salju.
  12. Film ini memenangkan People’s Choice Award di TIFF (Toronto International Film Festival) pada September 2018, di mana film itu ditayangkan perdana.
  13. Dalam adegan di mana Don pertama kali masuk ke mobil, ada poster iklan Hootenanny, musik rakyat 10 November 1962. Dipimpin oleh Pete Seeger, ini adalah penampilan Carnegie Hall pertama Bob Dylan.
  14. Film ini sepenuhnya diambil di Louisiana, dengan pengecualian satu hari di New York. Adegan di mana Tony berhenti untuk istirahat di kamar mandi, dan bidikan eksterior Kota New York semuanya diambil pada hari yang sama.
  15. Viggo Mortensen menambah 20 pound untuk peran Tony Lip. Dia memakan masakan Italia, kebanyakan pizza dan pasta. Tekniknya, yang tidak ia rekomendasikan karena buruk bagi kesehatan Anda, terdiri dari makan malam yang banyak, diikuti oleh setidaknya satu makanan penutup, tepat sebelum tidur. Dia mengakui bahwa jauh lebih sulit mengurangi berat badannya ketimbang saat menambahnya.

Baca juga:

Nominasi Lengkap Academy Awards 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here