Apabedanya .com dengan co.id ? Nah mungkin banyak yang bertanya-tanya sebelum membeli domain website. Untuk domain .com mudah untuk didapatkan karena domain ini sifatnya universal dan semua orang bisa membelinya tanpa syarat yang rumit .

Sementara  untuk domain co.id merupakan domain komersial khusus negara Indonesia, biasanya institusi komersial/bisnis berbadan usaha seperti PT, CV, Firma yang mengajukannya, berikut syarat-syarat untuk membeli domain co.id.

  • KTP/SIM/Paspor Penanggung Jawab (masih berlaku)
  • SIUP / TDP / Akte Notaris / Surat Ijin yang setara
  • Kepemilikan Merk (bila ada)
  • Surat keterangan keterkaitan antara nama domain dengan nama perusahaan. (Jika nama domain berbeda dengan nama perusahaan yang ada di SIUP)

Sementara untuk membeli domain .com tidak ada syarat tertentu, jika kita membeli domain tersebut di registrar (Registrar adalah tempat pendaftaran domain, dapat berupa webhosting, registrar atau reseller registrar). Seluruh dunia, namun untuk di Indonesia harus menyertakan  KTP, ini biasanya untuk website pribadi ataupun portofolio.

Jika kalian ingin membuat website e-commerce serius di Indonesia tentu harus membeli co.id, sementara jika website anda ingin lebih dikenal di dunia tanpa syarat yang rumit anda bisa membeli domain .com. Jadi berencana beli domain yang mana nih?

 

Baca juga:

Apa Bedanya Server Luar Negeri dengan Server Dalam Negeri ?

5 Layanan URL Shortener Gratis dan Bisa Custom Link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here