Foto: propertyguru.com.my

Jakarta sedang disibukkan dengan pembangunan MRT dan LRT, sehingga perjalanan kalian akan sedikit terganggu alias macet. Sebenarnya apasih perbedaan MRT dan LRT?

Sebenarnya MRT dan LRT  sama-sama menggunakan rel berukuran 1067 milimeter dan digerakkan aliran listrik. Penasaran apa yang membedakannya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Bedanya MRT Dengan LRT?

MRT atau Mass Rapid Transit Jakarta atau Moda Raya Terpadu merupakan sebuah sistem transportasi transit cepat yang menggunakan kereta rel listrik. MRT memiliki 6 rangkaian kereta dan dapat menampung sekitar 1650 penumpang.

Foto: goodsss.info

Sementara untuk perlintasan MRT yaitu layang dan bawah tanah. Pada jalur utara – selatan, Lebak Bulus – Bundaran HI akan ada 6 stasiun bawah tanah.

LRT  atau Light Rail Transit  atau dikenal juga sebagai kereta api ringan ini merupakan salah satu sistem kereta api Penumpang yang beroperasi di kawasan perkotaan yang konstruksinya ringan dan bisa berjalan bersama lalu lintas lain atau dalam lintasan khusus, bisa  juga disebut dengan trem.

Foto: sayangsarawak.my

LRT memiliki 2-4 rangkaian kereta dan menampung sekitar 600 penumpang. Untuk lintasan LRT hanya satu yaitu layang. Nantinya LRT Jabodetabek akan ada enam rute, Cawang – Cibubur, Cawang – Kuningan – Dukuh Atas, Cawang – Bekasi Timur, Dukuh Atas – Palmerah Senayan, Cibubur – Bogor dan Palmerah – Grogol / Bogor.

Nah sudah jelas belum perbedaan MRT dan LRT? Semoga pembangunannya cepat selesai dan mengatasi kemacetan di kota Jakarta ini.

Baca juga: Apa Bedanya Kartu Pascabayar dan Prabayar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here