Apa Bedanya Kartu Pascabayar dan Prabayar

Pernah bertanya-tanya apasih perbedaan kartu pascabayar dengan prabayar? Tidak hanya di kartu selular alias sim card GSM dan CDMA, istilah pascabayar dan prabayar juga terdapat pada listrik atau PLN.

Nah berikut penjelasan Pascabayar dan Prabayar:

Pascabayar berarti kita bisa menggunakan atau memakainya terlebih dahulu, baru membayarnya setelah tagihan datang.

Lebih jelasnya lagi pascabayar tidak harus mengisi pulsa dan tidak akan kehabisan pulsa.
Tarif pemakaian  Pascabayar biasanya lebih murah dari prabayar. Namun akan ada biaya tambahan untuk rincian tagihan. Harus diperhatikan, tagihan pascabayar sewaktu-waktu bisa meledak jika pemakaian tidak terkontrol.

Keuntungan pascabayar yaitu mendapatkan prioritas utama dari provider dan  banyak bonus poin yang menguntungkan.  Selain itu, pascabayar menyajikan bukti rincian tagihan, sehingga tahu pengeluaran setiap penggunaan.

Prabayar berarti kita harus mengisi pulsa terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Prabayar banyak digunakan orang-orang ketimbang pascabayar.  Kemudian harga pulsa bervariasi, umumnya dijual lebih mahal dari nominal. Promo kartu prabayar biasanya banyak. Tagihan pun tidak akan meledak karena penggunaan berdasarkan pulsa yang ada.

Kekurangan Prabayar, tidak menyajikan bukti rincian tagihan. Jadi kita sulit mengecheck pengeluaran jika tiba-tiba pulsa terpotong tanpa sebab.  Prabayar cocok untuk pengguna dengan pemakaian tidak tentu setiap bulannya.

Baca juga: Apa Bedanya Melakukan Pembayaran Secara Cashless

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here