Academy Awards ke-89 atau akrab disapa penghargaan Oscar ini sudah mengumumkan daftar lengkap nominasi pada 24 Januari 2017 waktu Amerika Serikat, sementara acaranya akan digelar pada 26 Februari 2017. Nominasi pun diberikan kepada insan perfilman mulai dari sutradara, aktor, penulis naskah, rias wajah, busana hinga musik dan lagu. Salah satunya ada kategori Best Original Song atau Lagu Orisinil Terbaik . Tahun lalu penyanyi asal Inggris Sam Smith memenangkannya lewat lagu Writing’s On The Wall dalam film JamesBond SpectreNah siapakah yang akan memenangkan lagu orisinil terbaik tahun 2017? Berikut nominasinya:

Audition (The Fools Who Dream) –  La La Land

Musik: Justin Hurwitz, Lirik: Benj Pasek dan Justin Paul

Film musikal arahan  Damien Chazelle ini mengantongi 14 nominasi di Oscar 2017, salah satunya lagu Audition (The Fools Who Dream).  Emma Stone sukses membawakan lagu ini dalam sebuah adegan audisi, luapan emosi dan suara harunya cukup menggetarkan para penonton. Peluang untuk memenangkan Oscar cukup besar di lagu ini. “Here’s to the ones who dream, foolish as they may seem.

Can’t Stop the Feeling! – Trolls 

Musik dan  Lirik: Justin Timberlake, Max Martin,dan Karl Johan Schuster (Shellback)

Berikutnya ada lagu disko-pop yang dinyanyikan Justin Timberlake, dibantu oleh produser yang mencetak banyak hits Max Martin dan Shellback.  Jadi tidak heran lagu ini dengan cepat mencuri hati orang-orang, iramanya yang ceria sukses membuat lagu ini menduduki #1 di  tangga lagu Billboard Hot 100 Amerika Serikat.   Lagu ini hadir dalam 2 versi di film animasi Dreamworks Trolls. “I got that sunshine in my pocket, Got that good soul in my feet.”

City of Stars –  La La Land

Musik: Justin Hurwitz, Lirik: Benj Pasek dan Justin Paul

Satu lagi lagu dari La La Land menghiasi nominasi Best Original Song. Masih ditulis oleh Justin Hurwitz, dentuman piano dan  siul Ryan Gosling berhasil menyihir kita semua. Lagu ini sudah mengantongi Lagu Terbaik di acara Golden Globes Awards 2017 dan Critics Choice Awards 2016, akankah menyabet piala Oscar? “City of stars, Are you shining just for me?”

The Empty Chair – Jim: The James Foley Story

Musik dan Lirik: J. Ralph dan Sting

Nominasi ke-empat ada lagu dari film dokumenter tentang kehidupan wartawan dan koresponden perang James “Jim” Foley. Lagu The Empty Chair dinyanyikan oleh pentolan band The Police yang bersolo karir , Sting. Bergenre klasikal lagu ini sukses merefleksikan sosok wartawan yang tidak tahu kapan akan bisa pulang. “Well I was always late for every meal you’ll swear,but keep my place and the empty chair and somehow I’ll be there.”

How Far I’ll Go –  Moana

Musik dan Lirik: Lin-Manuel Miranda

Lagu terakhir ada lagu yang dari film animasi Disney Moana. Ditulis oleh pencipta Broadway musikal Hamilton, lagu ini menjadi salah satu nominasi Best Original Song. Lagu ini dinyanyikan pengisi suara Moana, Auli’i Cravalho dan untuk soundtrack diisi oleh Alessia Cara. Tak hanya mereka, lagu ini pun diadaptasi ke 44 bahasa, salah satu versi Bahasa Indonesia “Seb’rapa jauh ku melangkah” yang dinyanyikan Maudy Ayunda . “See the line where the sky meets the sea? It calls me and no one knows, how far it goes.”

Dari 5 lagu di atas saya  cukup kecewa ketika lagu Try Everything dari Zootopia tidak masuk dalam nominasi, padahal makna lagu yang dinyanyikan oleh Shakira  ini benar-benar menyampaikan pesan dalam film. Tapi apa daya, lagu yang ditulis oleh Sia Furler, Tor Erik Hermansen dan Mikkel S. Eriksen masih belum beruntung. Nah dari 5 lagu di atas mana yang jadi jagoan kamu untuk menang Best  Original Song di Academy Awards ke-89?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here