Apa bedanya lagu Skyfall dengan lagu Writing’s on the wall di soundtrack film James Bond? Mungkin bagi penggemar film James Bond sudah tidak asing lagi dengan lagu ini. Skyfall sendiri merupakan lagu yang dibawakan penyanyi Inggris Adele untuk film James Bond berjudul Skyfall pada tahun 2012. Sementara lagu Writing’s On the Wall lagu yang di nyanyikan oleh Sam Smith untuk film James Bond pada tahun 2015 ini yaitu Spectre. Namun lagu manakah yang lebih penonton atau reviewer suka?

Skyfall, lagu yang di rilis pada oktober 2012 ini di ciptakan oleh Adele dan Paul Epworth. Lagu ini pun langsung meroket di tangga lagu iTunes, dan menduduki posisi #2 di Tangga Lagu Inggris (UK Singles) sementara chart di Amerika Serikat lagu Skyfall menempati posisi #8 di Billboard Hot 100. Lagu Skyfall pun mendapat review bagus, salah satunya The Huffington Post “Nakal dan penuh penjiwaan, yang mana sangat cocok di sandingkan dari karya Shirley Bassey dengan kumpulan lagu lagu soundtrack James Bond”. Lagu Skyfall pun menjadi lagu James Bond pertama yang menang  di  Academy Award untuk Best Original Song, selain itu lagu ini menang di Golden Globes Award, British Award dan yang terakhir menang di Grammy Awards ke 56 untuk kategori Best Song  Written for Media Visual.

Sementara lagu Writing’s on the Wall di ciptakan oleh Sam Smith dan Jimmy Napes, lagu ini di produseri oleh Jimmy Napes, Steve Fitzmaurice dan Disclosure (Duo musik elektronik dari Inggris). Neil McCormick dari The Guardian pun memberikan review positive “Semua fokus pada intens Sam Smith, vocal yang gemetar, meningkat  dengan kecepatan yang dikendalikan dan ketegangan pada chorus pun terbayar “. Lagu ini pun menjadi lagu James Bond pertama yang menempati posisi #1 di tangga lagu Inggris (Uk Singles), tak sesukses lagu Skyfall , lagu Writing’s on the Wall menempati posisi #71 di Billboard Hot 100. Masing masing dari lagu ini memiliki keunggulan,  Skyfall yang sukses di Amerika serta di Inggris dan Writing’s on the Wall yang sukses di tangga lagu Inggris, namun kita tunggu saja apakah Writing’s on the Wall akan sesukses lagu Skyfall memborong banyak penghargaan musik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here