Apa bedanya server di luar negeri dengan server dalam negeri? Mungkin banyak yang bertanya-tanya sebelum menentukan server mana yang cocok untuk website. Sebelumnya server (dalam bahasa Indonesia disebut padelan) adalah sistem komputer yang terhubung di jaringan internet yang mempunyai IP unik, sistem operasi dan software sistem. Berikut perbedaan server di Amerika dengan dalam negeri.

Untuk server di luar negri atau di Amerika Serikat biasanya disebut ix (Internet exchange), server di sana biasanya lebih cepat diakses di mana saja karena server Amerika merupakan pusat internet dunia. Jika mengakses dari Indonesia server di sana memiliki routing yang panjang jadi akan sedikit lama.

Sementara server dalam negeri yang biasanya disebut iix (Indonesia Internet Exchange) lebih cepat di akses di dalam negeri, ini dikarenakan jarak routingnya yang lebih pendek sangat cocok untuk target pengunjung di dalam negeri (Indonesia), namun jika ingin target pengunjung lebih luas atau seluruh dunia server di Amerika lah yang sangat cocok.

Sebenarnya pilihan tergantung dari website yang kita buat, apakah itu dikhususkan pengguna di dalam negeri seperti website pemerintahan ataupun bisnis e-commerce lokal maka yang dibutuhkan server dalam negeri, sebalik nya jika kita ingin pengunjung lebih luas seperti website pariwisata ataupun travel yang ingin di lihat seluruh dunia, server di Amerika lah yang tepat. Demikian penjelasan singkat mengenai perbedaan server luar negeri dengan dalam negeri, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Apa Bedanya .com dengan co.id ?

5 Layanan URL Shortener Gratis dan Bisa Custom Link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here