Awal  Februari kita disambut film A Dog’s Purpose, film drama komedi garapan Lasse Hallström ini mengambil kisah seekor anjing, ini bukan film tema anjing pertama bagi Lasse, sebelumnya ia menggarap Hachi: A Dog’s Tale.  Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya W. Bruce Cameron dan dibintangi oleh  Dennis Quaid, Britt Robertson, Josh Gad, K. J. Apa, Juliet Rylance dan John Ortiz.

A Dog’s Purpose menceritakan Bailey  anjing yang mana hidupnya dilihatkan dari lahir hingga mati dan bereinkarnasi melalui empat ras anjing yang berbeda. Setiap kali dirinya reinkarnasi,  diselipkan kisahnya dari hidup sampai mati dengan sang pemilik.  Berawal dari seekor anjing retriver yang diselamatkan oleh anak bernama Ethan, anjing tersebut diculik dan ditinggal dalam mobil hingga dehidrasi. Ethan dan Ibunya pun menolong anjing tersebut dan memelihara dengan nama Bailey. Ethan yang tidak memiliki adik atau kakak sangat terhibur dengan hadirnya Bailey yang menemanin hari-harinya hingga Ethan beranjak SMA. Bisa dibilang Bailey sangat dekat dengan Ethan, Bailey dibawa kemanapun Ethan pergi, hingga perkenalannya dengan Hannah , gadis cantik yang menjadi pacar Ethan itu berkat Bailey.

Masalah muncul ketika Ayah Ethan yang pemabuk merusak perayaan beasiswa yang ia dapat, ditambah ia mengalami kecelakaan hingga kakinya cedera. Keadaan berubah drastis hingga Ethan memutuskan hubungannya dengan Hannah,  Bailey yang bisa mengendus perbedaan sikap Ethan yang tidak seperti biasa dan tidak mengajaknya bermain lagi.  Bailey pun tambah bersedih ketika Ethan harus meninggalkannya untuk berkuliah pertanian, Bailey pun semakin tua dan murung tanpa Ethan akhirnya meninggal.

Tak berhenti di sana, Bailey bereinkarnasi menjadi anjing pelacak bernama Ellie, ia membantu Carlos seorang polisi Chicago, namun nyawanya kembali direnggut ketika melawan penjahat. Bailey kembali bereinkarnasi menjadi anjing corgi bernama Tino dan diadopsi oleh seorang mahasiswi Maya, ia menemani Maya hingga menemumkan jodohnya. Reinkarnasi terakhir Bailey yaitu ketika ia menjadi anjing jenis Bernard–Australian shepherd, kali ini nasib Bailey kurang beruntung, dia dicampakkan dan tak terurus, akhirnya dilepaskan dan dirinya pun kabur kepedesaan, hingga Bailey tersadar mengenali daerah ini di mana lokasi pemilik pertamanya Ethan, akankah Bailey dapat bertemu Ethan kembali?

Lasse Hallström sukses membuat kita meringis haru di setiap cerita reinkarnasi Bailey, tingkah gemas anak anjing hingga sedihnya ketika mereka sudah tidak semangat berlari. Pengisi suara Bailey pun sukses membuat kita tertawa karena kejenakaan seekor anjing, suara jenaka tersebut diisi oleh Olaf alias Josh Gad.  Pasangan aktor muda Britt Robertson dan K. J. Apa pun tampil serasi memerankan Ethan dan Hannah, hingga matangnya Dennis Quaid  memerankan Ethan dewasa yang tinggal sendiri di pertanian.Tepuk tangan kepada para anjing-anjing yang bermain dalam film ini, terlihat natural dan sangat menjiwai. Walau sempat dikabarkan adanya paksaan pada salah satu anjing di video yang bereadar luas, dikutip dari Entertainment Weekly , American Humaned menyatakan bahwa tidak ada hewan yang dibahayakan dalam adegan-adegan.

A Dog’s Purpose bisa menjadi pilihan nonton bagi kamu pecinta anjing, yang tahu rasanya ditinggalkan seekor anjing.Bahkan yang tidak memiliki anjing pun bisa ingin memeliharanya. Kamu akan gemas dan haru menonton kesetiaan para anjing dalam film ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here