Foto: Walt Disney Studios

Walt Disney Pictures sedang giat membuat live-action dari film-film legenda di masa lalu. Tahun ini, kita sambut gajah yang bisa terbang yaitu film Dumbo. Kisah Dumbo dipercayakan kepada Tim Burton untuk penggarapannya.

Berset di tahun 1919, Holt Farrier (Colin Farrell) kembali dari perang ke Medici Brothers’s Circus yang dipimpin oleh Max Medici (Danny DeVito). Holt merupakan seorang pengisi acara sirkus sebagai koboi, sayangnya kuda-kudanya dijual karena sirkus mengalami kesulitaan keuangan.

Holt memiliki dua anak bernama Milly dan Joe, dan juga seorang istri yang sudah wafat. Holt pun ditugaskan untuk menjadi penjaga gajah yang sedang hamil bernama Jumbo. Hingga akhirnya Jumbo melahirnya seekor anak gajah yang menggemaskan namun kupingnya sangat lebar dan menjadi lelucon orang-orang.

Foto: Walt Disney Studios

Walau begitu Milly dan Joey tetap menemani dan menyemangati Jumbo Junior bersama juga Holt. Saat tampil, reaksi orang-orang langsung mencerca penampilan dari bayi gajah itu. Mereka pun memanggil bayi gajah tersebut dengan sebutan Dumbo.

Ibu Jumbo pun mengamuk karena anaknya menjadi bahan ejekan hingga akhirnya tenda sirkus rubuh dan tak sengaja menewaskan salah satu crew. Jumbo pun dipisahkan dari anaknya alias Dumbo dan dijual. Dumbo menjadi sedih dan murung, namun Milly dan Joey selalu menghibur hingga mereka mengetahui bahwa Dumbo bisa terbang dengan bantuan sehelai bulu.

Baca juga: Apa Bedanya Reboot dengan Remake?

Dumbo pun langsung menjadi bintang di Medici Brothers’s Circus dan mencuri perhatian founder Dreamland V.A. Vandevere (Michael Keaton) dan mengajak bergabung ke timnya. Apakah Dumbo akan bertemu dengan ibunya kembali?

Dumbo, Keajaiban dan Tamaknya Manusia

Film ini merupakan adaptasi dari film animasi yang terdahulu berjudul sama di tahun 1941. Dumbo versi 2019 menambahkan karakter baru para manusia dan tidak memunculkan tikus kecil Timothy yang menjadi sahabat Dumbo versi kartun.

 Versi 2019 dibuat serealistis mungkin, contohnya versi kartun bayi-bayi binatang diantarkan oleh burung bangau, sementara di sini normal seperti biasa. Namun karakter-karakter manusia dibuat agar penonton dewasa tidak bosan saat menemani buah hati di bioskop.

Foto: Walt Disney Studios

Lewat film ini juga kita tetap bisa melihat keajaiban, kegemasan dan kepolosan dari sosok Dumbo. Belum lagi saat dia mencari-cari ibunya saat dikurung, diejek karena dirinya berbeda, hingga dipisahkan pastinya akan menggetarkan hati kamu.

Momen haru pun kembali tercipta saat Miss Atlantis yang diperankan Sharon Rooney menyanyikan lagu klasik Dumbo, Baby Mine. Sungguh banjir air mata ini!

Aktris kesayangan Tim Burton, Eva Green pun tampil ciamik dengan aksen khas Prancisnya.

Walau tidak begitu banyak leluconnya, Danny Devito sebagai Max Medici berhasil membuat penonton tertawa. Isu keluarga juga dihadirkan saat Holt yang kebingungan berkomunikasi dengan kedua anaknya.

Karakter Milly yang diperankan Nico Parker juga mencuri perhatian. Seorang anak perempuan dengan mimpi yang beda dari biasanya. Jika anak perempuan biasanya ingin cantik seperti putri, dia bermimpi menjadi seorang ilmuwan yang pintar.

Di sini kita melihat ketamakan manusia yang haus akan uang dan mengeksploitasi binatang. Untuk peran antagonis V.A. Vandevere kebetulan cocok diperankan Michael Keaton. Muka licik dan menyebalkannya sangat menjiwai.

Dumbo menampilkan keajaiban yang menggemaskan dan menggetarkan hati. Mimpi dari Milly pun menyampaikan pesan kepada semua anak perempuan bahwa kalian bisa menjadi apa saja. Sayangnya banyak elemen dari versi kartun yang ditinggalkan dengan cerita baru.

Dumbo tayang di bioskop pada 27 Maret 2019. Kamu sudah nonton filmnya? Punya pendapat sendiri tentang film ini, tulis di kolom komentar.

Baca juga: Review Film: My Stupid Boss 2, Lucu Namun Kehilangan Arah

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here