Foto: Sony Pictures

Sering mendengar kata remake dan reboot? Kata ini sering terdengar di dunia film ataupun serial TV. Namun tahukah kamu apa bedanya Remake dan Reboot?

Zaman sekarang kita dihujani film-film remake ataupun reboot, dari Hollywood hingga di Indonesia. Mengambil contoh film A Star Is Born (2018) yang dibintangi Lady Gaga dan Bradley Cooper merupakan film remake dari film berjudul sama di tahun 1954.

Kemudian di Indonesia ada film Pengabdi Setan (2017) yang juga merupakan reboot dari film-film Pengabdi Setan (1980) . Nah mari kita cek perbedaan reboot dan remake:

Apa Bedanya Reboot dan Remake

Reboot merupakan perombakan seluruh kelanjutan dalam sebuah serial yang berdiri dalam rangka merekreasi karakternya, garis waktunya dan latar belakangnya dari permulaan. Istilah tersebut dipakai pada berbagai bentuk media fiksi berbeda seperti buku komik, serial TV, permainan video, film, dan lain-lain.

Contoh film reboot adalah Ghostbusters (2016), film yang disutradarai oleh Paul Feig ini merupakan adaptasi dari film Ghostbusters di tahun 1984. Di sini Paul Feig mengubah semua karakter utama menjadi wanita.

Remake merupakan sebuah film atau serial televisi yang berdasarkan pada sebuah karya pada masa sebelumnya dan mengisahkan cerita yang sama atau hampir mirip. Selain itu, reimagining adalah sebuah remake yang tak identik secara langsung dengan karya aslinya.

Istilah “remake” umumnya merujuk kepada sebuah film yang memakai film pada masa sebelumnya sebagai material sumber utama.

Contoh film remake ada film Oceans Eleven (2001), film aksi yang disutradarai
Steven Soderbergh ini diadaptasi dari film berjudul sama di tahun 1960. Film remakenya dibintangi George Clooney, Brad Pitt, Matt Damon di mana karakter mereka sama dengan film di tahun 1960.

Nah sudah tahu sekarang perbedaan reboot dan remake? Kamu punya pendapat lain, tulis di kolom komentar ya. Cerita juga apa film reboot atau remake favorit kamu.

Baca juga: Apa Bedanya Listrik Prabayar Dengan Pascabayar

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here