Listrik sudah menjadi kebutuhan penting semua orang sejak dahulu kala. Beragam kegiatan kita membutuhkan tenaga listrik. Mulai dari penerangan alias lampu, kemudian sebagai sarana hiburan seperti menyalakan komputer, TV, hingga ponsel.

Masih banyak manfaat listrik untuk kebutuhan hidup manusia. Nah di era sekarang PLN (Perusahaan Listrik Negara) memiliki dua jenis listrik yang ditawarkan kepada masyarakat, yaitu listrik prabayar dan prabayar.

Penasaran? Yuk simak perbedaannya listrik prabayar dengan pascabayar

Listrik Prabayar

Listrik prabayar merupakan layanan listrik dengan membeli token listrik.  Token itu berisi 20 digit nomor token dan harus diinputkan ke meter melalui keypad di meter prabayar. Nah berikut keuntungan menggunakan listrik prabayar; praktis tanpa tagihan, pembayaran listrik seperti membeli pulsa, dan bisa isi ulang kapan saja.

Selain banyak keuntungannya, listri prabayar memiliki kekurangan. Misalnya kode token cukup panjang dan ada kemungkinan salah memasukkan kode, kemudian indikator listrik habis cukup menganggu, dan terakhir banyak keluhan meter listrik cepat rusak.

 

Listrik Pascabayar

Listrik pascabayar dikenal dengan menggunakan layanan listrik terlebih dahulu kemudian membayar tagihan di akhir bulan. Listrik pascabayar pun memiliki keuntungan yaitu; listrik tidak akan habis secara tiba-tiba, menggunakan sistem tagihan, dan memudahkan rumah dengan penggunaan watt besar.

Walau banya keuntungannya, listrik pascabayar pun ada kekurangannya. Misalkan tagihan bisa membengkak, kemudian tidak ada indikator jumlah tagihan yang terkontrol secara langsung, dan terakhir ada sanksi keterlambatann tagihan.

Nah sekarang sudah tahu perbedaan listrik prabayar dengan pascabayar. Pilihan ada ditangan kamu, pilih prabayar atau pascabayar?

Baca juga:

Apa Bedanya Kartu Pascabayar dan Prabayar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here