Apa Bedanya Selat, Teluk, dan Tanjung

APA BEDANYA SELAT, TELUK, DAN TANJUNG

Apabedanya.com – Kamu penasaran perbedaan selat, teluk, dan tanjung? Mereka sama-sama berlokasi di pinggir pantai atau laut, namun ternyata ada bedanya loh. Ada di pelajaran geografi, kalau kamu lupa, tenang kita akan membahas apa bedanya selat, teluk, dan tanjung, simak penjelasannya di bawah ini!

APA BEDANYA SELAT, TELUK, DAN TANJUNG

Selat

APA BEDANYA SELAT, TELUK, DAN TANJUNG
Foto: Ilmugeografi.com

Berdasarkan KBBI, selat adalah laut di antara pulau-pulau. Selat juga bisa berarti sebuah wilayah perairan yang relatif sempit yang menghubungkan dua bagian perairan yang lebih besar. Biasanya terletak di antara dua permukaan daratan. Selat buatan disebutnya terusan.

Terbentuknya selat disebabkan oleh aktivitas tektonik, seperti pada Selat Gibraltar. Selat juga dapat terbentuk karena wilayah perairan yang meluap dari tanah yang telah surut atau terkikis, contohnya pada pembentukan Selat Bosporus. Di Indonesia sendiri memiliki banyak selat, mulai dari selat sunda, selat alas, selat makasar, selat madura, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: APA BEDANYA DANAU DAN LAUT

Teluk

APA BEDANYA SELAT, TELUK, DAN TANJUNG
Foto: Pacitankab.go.id

Berdasarkan KBBI, teluk adalah bagian laut yang menjorok ke dara. Teluk juga bisa berarti  tubuh perairan yang menjorok ke daratan dan dibatasi oleh daratan pada ketiga sisinya. Oleh karena letaknya yang strategis, teluk banyak dimanfaatkan sebagai pelabuhan.

Nah teluk-teluk yang terkenal di dunia di antaranya adalah Teluk San Francisco di Amerika Serikat, Teluk Guantanamo di Kuba, dan Teluk Persia di Jazirah Arab. Sementara di Indonesia ada beberapa teluk besar yaitu Teluk Cenderawasih di Irian, Teluk Tomini di Sulawesi, dan Teluk Bone, juga di Sulawesi.

BACA JUGA: APA BEDANYA JALUR DAN LAJUR

Tanjung

APA BEDANYA SELAT, TELUK, DAN TANJUNG
Foto: Evaneos.com

Berdasarkan KBBI, tanjung adalah tanah (ujung) atau pegunungan yang menganjur ke laut (ke danau). Tanjung juga bisa berarti daratan yang menjorok ke laut, atau daratan yang dikelilingi oleh laut di ketiga sisinya. Tanjung yang luas disebut semenanjung. Tanjung adalah kebalikan dari teluk, dan biasanya keduanya dapat ditemukan pada suatu garis pantai yang sama.

Tanjung paling terkenal yaitu tanjung harapan (Cape of Good Hope) yang berada di Afrika Selatan. Di Indonesia sendiri ada tanjung Akelama, di Halmahera Tengah, provinsi Maluku, kemudian ada tanjung Alang-Alang, di Pandeglang, provinsi Jawa Barat, kemudian tanjung Apatama, di Luwu, provinsi Sulawesi Selatan, tanjung Api, di Poso, provinsi Sulawesi Tengah, tanjung Arousu, di Maluku Tengah, provinsi Maluku, dan masih banyak lagi lainnya.

Sudah jelas kan sekarang dengan perbedaan selat, teluk, dan tanjung. Kamu punya pendapat lain? Tulis di kolom komentar biar sama-sama belajar.

BACA JUGA: APA BEDANYA PETIR, GELUDUK, DAN GELEDEK

Jangan lupa follow media sosial Apabedanya.com di Instagram @apabedanyacom dan Twitter @apabedanyacom untuk mendapatkan update perbedaan dan perbandingan segala hal. Menghadirkan juga konten budaya pop, lifestyle, internet, kesehatan, teknologi, hingga life hacks.

Baca artikel lainnya dari Tri Wahyudi Apabedanya.com di sini! 

Foto header: Unsplash/Romain Terpreau

Hola, I'm Yudi! a content and social media specialist. I write articles about movies, TV series, music, pop culture, Pokémon, travel, food, life hacks, lifestyle, and digital marketing.

Post a Comment

You don't have permission to register
error: Content is protected !!