Apa Bedanya Petir, Geluduk dan Geledek?

Mungkin kita sering mendengar kata petir, geluduk, dan geledek tapi apa sebenarnya perbedaan mereka. Petir, geluduk dan geledek biasanya muncul ketika langit mulai mendung dan disertai hujan turun. Yuk simak perbedaannya di bawah ini!

Apa Bedanya Petir, Geluduk dan Geledek?

Berikutnya penjelasan petir berdasarkan Wikipedia.  Petir, kilat, atau sering disebut halilintar merupakan gejala alam yang biasanya muncul pada musim hujan di saat langit memunculkan kilatan cahaya sesaat yang menyilaukan. Beberapa saat kemudian disusul dengan suara menggelegar yang disebut guruh.

Sementara penjelasan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) petir adalah kilatan listrik di udara disertai bunyi gemuruh karena bertemunya awan yang bermuatan listrik positif (+) dan negatif (–).

Baca juga: Apa Bedanya Listrik Prabayar Dengan Pascabayar

Geluduk dan geledek sebenarnya sama hanya saja masyarakat kita memiliki variasi dalam penyebutannya. Berdasarkan Wikipedia, guruh atau geledek merupakan kata yang digunakan untuk mendeskripsikan gelombang kejut suara yang dihasilkan akibat terjadinya pemanasan dan pemuaian udara yang sangat cepat ketika dilewati oleh sambaran petir.

Sambaran tersebut menyebabkan udara berubah menjadi plasma dan langsung meledak, menimbulkan munculnya suara yang bergemuruh. Sementara pengertian dari KBBI geledek adalah guruh yang keras.

Nah dapat disimpulkan petir ada kilatan listrik yang biasanya muncul di awal sebelum suara geluduk atau guruh berbunyi. Geluduk atau Geledek sendiri suaranya gemuruh setelah cahaya kilat, atau biasanya saat hujan turun. Jadi sekarang enggak bingung lagi kan?

BACA JUGA:

Apa Bedanya AM dan PM

Apa Bedanya Reboot dan Remake

Tonton juga Shiro Unboxing tempat minum barunya!

Jangan lupa follow media sosial Apabedanya.com di Instagram @apabedanyacom dan Twitter @apabedanyacom untuk mendapatkan update perbedaan dan perbandingan segala hal. Menghadirkan juga konten budaya pop, internet, kesehatan, teknologi, hingga life hacks.

Baca artikel-artikel lainnya dari Tri Wahyudi Apabedanya.com di sini! 

Apabedanya.com merupakan situs independen, bantu dan dukung kami untuk meracik konten lebih baik lagi. Kamu bisa memberikan tip melalui tautan ini. 

Hola, I'm Yudi! a content and social media specialist. I write articles about movies, TV series, music, pop culture, Pokémon, travel, food, life hacks, lifestyle, and digital marketing.

Post a Comment

You don't have permission to register
error: Content is protected !!