Foto: @Derwiki

Apasih perbedaan danau dan laut? Mungkin beberapa kalian sudah tahu jawabannya, danau merupakan genangan air yang ada di dalam daratan sementara laut kumpulan air yang luasnya tak terhingga.

Yuk kita simak apa bedanya danau dan laut lebih detail

Apa Bedanya Danau dan Laut

Danau

Berdasarkan KBBI, danau merupakan genangan air yang amat luas, dikelilingi daratan; telaga; tasik. Terdapat bermacam-macam danau di dunia; danau kutub, subtropis dan tropis.

Danau di daerah kutub biasanya suhu permukaan airnya tidak pernah melebihi 4oC, danau di daerah subtropis suhu permukaan airnya berubah-ubah, di sekitar 4oC. Terakhir danau di daerah tropis suhu permukaan airnya selalu di atas 4oC.

Danau-danu di Indonesia contohnya danau toba, danau kerinci, danau aneuk laot, danau dipacampat, danau dendam tak sudah, danau situ lengkong, danau sentarum, danau kawah ijen dan masih banyak lainnya.

Laut

Nah berdasarkan KBBI, laut merupakan kumpulan air asin (dalam jumlah yang banyak dan luas) yang menggenangi dan membagi daratan atas benua atau pulau.

https://media.giphy.com/media/l41JYfL9VifYV3pEQ/giphy.gif

Nah definis laut versi lengkapnya, laut merupakan sistem perairan samudra air asin yang saling terhubung di bumi yang dianggap sebagai satu samudra global atau sebagai beberapa samudra utama. Laut mempengaruhi iklim bumi dan memiliki peran penting dalam siklus air, siklus karbon, dan siklus nitrogen.

Laut-laut di Indonesia contohnya laut jawa, laut flores, laut sawu, laut timor, laut sulawesi, laut seram, laut banda dan masih banyak lainnya.

Baca juga:

Apa Bedanya MRT dengan LRT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here