Apa Bedanya Linkedin dengan Sosial Media Lainnya?

Linkedin merupakan jejaring sosial bagi professional yang memudahkan  untuk terkoneksi dengan beragam profesi di seluruh dunia. Linkedin sendiri pertama kali muncul pada tahun 2002, namun hadir dalam versi Bahasa Indonesia pada tahun 2011. Di Linkedin kita dapat memasukan informasi pendidikan, pengalaman pekerjaaan, organisasi, keahlian, bahkan mencari pekerjaan. Nah selain itu apakah kelebihan Linkedin dari sosial media lainnya? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Self-Branding

Di Linkedin kita dapat mengisi ketertarikan/interest  seperti menulis, akuntansi, musik, sosial media, web desain ataupun yang lainnya. Ditambah dengan profesional  headline yang mendeskripsikan diri  anda. Head hunter biasanya mencari melalui keyword dari self-branding kalian. Contoh headline untuk Linkedin kalian: Social Media Strategist, Experienced Digital Marketing, Growth Marketer. 

BACA JUGA: APA BEDANYA GOOGLE ADS DAN FACEBOOK ADS

DAFTAR UKURAN COVER HEADER MEDIA SOSIAL TWITTER, FACEBOOK, LINKEDIN, & YOUTUBE

Contoh bio Linkedin

Mempromosikan Keahlian

Kita dapat memasukan daftar keahlian alias skills, sekaligus dapat dipromosikan koneksi Linkedin kita. Jadi memungkinkan rekan kerja memberikan rekomendasi lewat skill yang ada di profil kita. Head hunter pun jadi mudah jika mencari kandidat, jadi jangan sampai kelupaan menuliskan skill atau keahlian kalian.

Memposting Lamaran Pekerjaan / Melamar Pekerjaan

Banyak sekali perusahaan yang mengiklankan lowongan pekerjaan di Linkedin. Ini memudahkan kita mencari pekerjaan impian. Tips, jangan lupa menambah koneksi orang-orang yang bekerja sebagai HRD atau head hunter, siapa tau ada kamu salah  satu kandidat yang cocok untuk posisi yang mereka cari.

BACA JUGA: APA BEDANYA CONTENT WRITER DENGAN COPYWRITER

Menambah Koneksi

Menambahkan koneksi  sesama profesional penting. Kita dapat mengetahui profesi-profesi baru yang kita belum ketahui dan menambah beragam informasi dari koneksi kita. Lewat para koneksi dengan jabatan yang sama atau berbeda, kamu pun bisa bertukar pengalaman dan ilmu.

Memperlihatkan Proyek

Di Linkedin kamu dapat memperlihatkan proyek apa yang sedang atau sudah anda kerjakan, seperti proyek kampanye sosial media, proyek majalah, ataupun proyek lainnya. Selain proyek pekerjaan, kamu bisa pamer portfolio. Portfolio ini ibarat cara menggaet perusahaan baru yang ingin memperkerjakan kamu!

BACA JUGA: APA BEDANYA ADVERTISER DENGAN PUBLISHER

Memperkenalkan sebuah Perusahaan/Brand

Bagi kamu seorang founder start-up, perusahaan ataupun pengusaha, jangan lupa membuat akun Linkedin, ini supaya memudahkan perusahaan atau brand untuk dikenal banyak orang secara online. Di era serba digital, sangat penting memperkenalkan sebuah brand lewat Linkedin.

KERJA SAMA

Bagi tim partnership terkadang kesulitan saat mencari kontak dari brand atau orang tersebut. Nah lewat Linkedin, kamu bisa mencari tim partnership dari brand yang kamu ingin ajak kerja sama. Kamu bisa add sebagai koneksi terlebih dahulu, kemudian kirim pesan ke profilnya. Ingat ya, harus tetap sopan dan profesional dalam mengirim pesan.

Banyak sekali memang kelebihan Linkedin bagi para profesional. Kita mendapatka kemudahan informasi sesama profesional serta koneksi yang membantu meningkatkan karir kedepannya. Berdasarkan CNN Indonesia pengguna Linkedin di Indonesia terdapat 4 juta orang. Jadi, sudahkah kamu membuat akun di Linkedin?

Baca juga: KENA PHK? COBA 4 CARA INI UNTUK MENGHADAPINYA

Jangan lupa follow media sosial Apabedanya.com di Instagram @apabedanyacom dan Twitter @apabedanyacom untuk mendapatkan update perbedaan dan perbandingan segala hal. Menghadirkan juga konten budaya pop, lifestyle, internet, kesehatan, teknologi, hingga life hacks.

Baca artikel lainnya dari Tri Wahyudi Apabedanya.com di sini! 

Apabedanya.com merupakan situs independen, bantu dan dukung kami untuk meracik konten lebih baik lagi. Kamu bisa memberikan tip melalui tautan ini. 

Hola, I'm Yudi! a content and social media specialist. I write articles about movies, TV series, music, pop culture, Pokémon, travel, food, life hacks, lifestyle, and digital marketing.

Post a Comment

You don't have permission to register
error: Content is protected !!