Bagi pengguna transportasi umum, bus transjakarta ataupun bus kota tidak asing lagi didengar di kota Jakarta.  Walaupun bermacet macet ria, selalu ramai dipenuhi banyak orang.  Berikut masing masing kelebihan maupun kekurangan menggunakan bus Transjakarta atau bus kota.

Kenyamanan
Untuk bus transjakarta sendiri dilengkapi AC, beda dengan bus kota yang sedikit gerah tanpa AC.  Tempat duduknya sendiri lebih nyaman di bus transjakarta daripada bus kota. Walaupun pun bus transjakarta nyaman ketika jam sibuk menunggu bus / masuk ke dalam bus sering terjadi saling mendorong, hanya untuk mendapatkan kursi lebih cepat.

Keamanan
Di bus kota terkadang banyak pengamen ataupun pengemis yang masuk ke dalam bus, mungkin beberapa orang akan merasa sedikit risih. Walaupun tidak ada pengamen / pengemis di bus transjakarta ada baiknya menjaga barang bawaan anda, kadang ada saja yang memanfaatkan keadaaan saat bus sedang penuh / ramai.

Waktu
Untuk menunggu bus kota tidak terlalu lama, beda lain hal nya dengan bus transjakarta entah karena bus nya sedikit atau keadaan jalan yang macet, menunggu nya kadang bisa hampir 30 menit, namun semua tergantung kondisi dan keadaan. Untuk waktu perjalanan pun dari bus transjakarta maupun bus kota tergantung dari jalanan nya tapi untuk bus transjakarta disediakan jalur khusus jadi lebih cepat.

Biaya
Untuk bus transjakarta biaya yang dikeluarkan Rp. 3.500, khusus dibawah jam 7 pagi dikenakan Rp. 2.000 (Ketentuan sekarang harus menggunakan kartu pembayaran dari beberapa Bank seperti Flazz, Emoney, Brizzi dan lainnya). Sementara biaya untuk bus kota biaya nya Rp. 4.000.

Masing masing pasti ada keunggulan ataupun kekurangannya, Contoh kelebihan bus transjakarta misalkan hanya dengan Rp. 3.500 kamu bisa berkeliling kota jakarta. Sedangakan untuk  bus kota pun lebih cepat datang dibandingkan bus transjakarta pada jam sibuk. Jadi, mau naik yang mana nih?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here