Kena PHK? Coba 4 Cara Ini Untuk Menghadapinya

Pemutusan hubungan kerja atau biasa disebut PHK merupakan mimpi buruk bagi para karyawan. Bagaimana jika mendengar kabar PHK di kantor kita? Mungkin kita akan merasa panik, bingung, dan takut. Perasaan ini wajar terjadi karena sebagai karyawan kita berharap dapat terus bekerja dan menerima upah setiap bulannya. Akan tetapi jika perusahaan menerapkan PHK kita bisa apa? Tentu pemutusan hubungan kerja tidak mudah diterima namun kita harus meneruskan perjalanan karir, dan hidupmu tidak berakhir hanya karena PHK.

Perasaan sedih dan kecewa  tentu ada dalam hati tetapi jangan terlalu berlarut-larut, kita harus tetap semangat dan jangan putus asa. Berikut cara-cara menghadapi PHK!

TIPS MENGHADAPI PHK

1. Minta Hak mu

Berdasarkan Undang-Undang No 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan pekerja berhak mendapatkan uang pesangon dengan syarat seperti yang tertulis pada pasal 164 ayat 3 “PHK Massal karena Perusahaan melakukan Efisiensi” kompensasi 2 kali UP, 1 kali UPMK, dan UPH (UP = Uang Pesangon; UPMK = Uang Penghargaan Masa Kerja; UPH = Uang Penggantian Hak). untuk penghitungan pesangon biasanya dilihat dari berapa lama kamu bekerja, contoh jika lebih dari 1 tahun lebih bekerja anda akan mendapatkan 2 bulan upah. Uang penghargaan masa kerja sendiri diberikan untuk pekerja yang masa kerjanya lebih dari 3 tahun. Sementara uang penggantian hak  biasanya cuti tahunan yang belum diambil dan hal-hal lainnya yang ditulis disurat perjanjian kerja pada perusahaan. Kamu bisa mencari tahu undang-undang mengenai pesangon ini di internet!

2. Update CV-mu

road-sign-798176_640
Tidak perlu berlarut-larut memikirkan PHK, segeralah memperbaharui CV, portfolio, serta profil Linkedin-mu. Koneksi di Linkedin berpotensi memberikan pekerjaan baru, kemudian coba cari lowongan pekerjaan melalui internet, umumnya banyak menggunakan Jobstreet, Jobsdb dan banyak lainnya.

3.  Cari Kegiatan

Setelah mengirim beberapa CV mungkin butuh waktu untuk perusahaan mengulas lamaran kamu. Jadi carilah kegiatan sehingga anda tidak terlalu memikirkan kapan akan diundang interview atau wawancara. Cobalah membaca buku, menulis ataupun berkumpul dengan teman lama yang sudah lama tidak berkomunikasi siapa tahu mereka memiliki informasi lowongan pekerjaan.

 4. Berserah kepada Tuhan YME

Kita sudah berusaha, nah yang terakhir kita hanya tinggal berdoa kepada Tuhan. Semesta punya rencana untuk kita dan mempersiapka  pekerjaan yang  lebih baik ataupun kejutan lainnya. Jadi, tetap semangat dan berdoa agar diberikan kekuatan dan kesabaran menghadapi semua ini. Semangat!

Baca juga:

APA BEDANYA LINKEDIN DENGAN SOSIAL MEDIA LAINNYA?

Hola, I'm Yudi! a content and social media specialist. I write articles about movies, TV series, music, pop culture, Pokémon, travel, food, life hacks, lifestyle, and digital marketing.

Post a Comment

You don't have permission to register
error: Content is protected !!