Jangan Panik! Simak 5 Pertanyaan Interview yang Sering Ditanyakan HRD

JANGAN PANIK! SIMAK 5 PERTANYAAN INTERVIEW YANG SERING DITANYAKAN HRD apabedanyacom yudichu

Apabedanya.com – Interview atau wawancara kerja terkadang menjadi hal yang menakutkan bagi beberapa orang. Kalian sibuk memikirkan pertanyaan apa saja yang akan dilemparkan HRD, user, atau kepala dari divisi. Tidak perlu khawatir berlebihan, berikut 5 pertanyaan interview yang sering ditanyakan oleh HRD saat wawancara kerja!

5 PERTANYAAN INTERVIEW YANG SERING DITANYAKAN

Ceritakan Dirimu

Di awal wawancara kerja biasanya kita disuruh untuk memperkenalkan diri, sehingga sang pewawancara dapat memberikan pertanyaan berdasarkan informasi yang kamu berikan kepadanya. Sebutkan nama lengkap, nama panggilan,umur, total berapa lama pengalaman untuk posisi tersebut, hingga detail pekerjaan sebelumnya. Ceritakan juga passion kamu dalam berkarir ya!

Saat Ditanya Kelebihan dan Kelemahan

Nah sering kali sang pewawancara menanyakan kelebihan dan kelemahan. Untuk kelebihan kamu bisa menjawab kelebihan kamu yang berhubungan dengan posisis tersebut, misalnya kelebihan kamu yaitu kreatif, dan posisinya konten kreator. Bagaimana menjawab kelemahan? Kamu juga harus menjawab kelemahan yang berhubungan dengan pekerjaan kamu sebelumnya, setelah itu lanjutkan dengan solusi yang kamu terapkan untuk mengatasai kelemahanmu.

BACA JUGA: APA BEDANYA LINKEDIN DENGAN MEDIA SOSIAL LAINNYA

Saat Ditanya Hal Paling Challenging

Pertanyaan seperti ini juga sering ditanyakan oleh pewawancara. Biasanya mereka menanyakan momen challenging dalam hidup atau pekerjaan. Untuk menjawabnya kamu harus mempersiapkannya dan menganalisa tantangan di pekerajaanmu sebelumnya. Kamu jabarkan tantangan apa yang kamu hadapi pada saat itu, eits jangan lupa sertakan solusi yang kamu jalankan untuk mengatasinya tantangan tersebut.

JANGAN PANIK! SIMAK 5 PERTANYAAN INTERVIEW YANG SERING DITANYAKAN HRD yudichu apabedanyacom
Foto: Unsplash/Van Tay Media

Saat Ditanya Ekspektasi di Tempat Kerja atau Lingkungan Kerja yang Ideal

Pertanyaan interview yang sering ditanyakan berikutnya adalah ekspektasi di tempat kerja atau lingkungan kerja yang ideal menerutmu. Untuk menjawab pertanyaan ini kamu bisa menjawab “Ekspektasi saya di tempat kerja, perusahaan dapat memberikan lingkungan kerja di mana saya bisa berkontribusi ke tim, mendapatkan apresiasi dari kontribusi saya, serta tempat untuk bertumbuh kembang bersama perusahaan. Kamu bisa tambahkan jawabannya lingkungan kerja yang ideal versi kamu.

Bertanya Balik

Nah di setiap akhir wawancara biasanya mereka ingin tahu apa kita ada pertanyaan. Kamu harus aktif bertanya supaya bisa mendapatkan poin lebih. Untuk pertanyaan kamu bisa research perusahaan yang kamu lamar, supaya ada bahan untuk pertanyaan. Kamu juga bisa menanyakan divisi dari posisi kamu, kegiatan khusus karyawan yang diadakan oleh HRD, atau menanyakan achievement yang telah diraih perusahaan.

Intinya kamu harus mencari tahu posisi dan perusahaan yang kamu lamar. Jangan lupa untuk percaya diri, berusaha, dan berdoa supaya wawancara kerja berjalan lancar. Kamu punya pertanyaan lain yang sering ditanyakan saat interview kerja? Tulis di kolom komentar ya biar sama-sama belajar.

BACA JUGA: KENA PHK? COBA 4 CARA INI UNTUK MENGHADAPINYA

Jangan lupa follow media sosial Apabedanya.com di Instagram @apabedanyacom dan Twitter @apabedanyacom untuk mendapatkan update perbedaan dan perbandingan segala hal. Menghadirkan juga konten budaya pop, lifestyle, internet, kesehatan, teknologi, hingga life hacks.

Baca artikel lainnya dari Tri Wahyudi Apabedanya.com di sini! 

Foto header: Unsplash/Christina @ wocintechchat.com

Hola, I'm Yudi! a content and social media specialist. I write articles about movies, TV series, music, pop culture, Pokémon, travel, food, life hacks, lifestyle, and digital marketing.

Post a Comment

You don't have permission to register
error: Content is protected !!