Penyanyi bernama lengkap Beyoncé Giselle Knowles-Carter alias Beyoncé baru saja merilis album studio ke-enamnya berjudul Lemonade. Lemonade merupakan visual album dimana pertama kali diputar lewat HBO selama satu jam, yang berisi video musik dan dokumenter dari 12 lagu terbarunya.

Lemonade tersedia secara streaming online pada Tidal pada tanggal 23 April 2016, dimana Beyoncé merupakan salah satu pemilik musik streaming Tidal bersama suaminya Jay-z. Tak lama kemudian album dengan beragam genre ini dirilis di iTunes dan Amazon musik pada 25 April.

beyonce-formation

Sebelum Lemonade hadir, Beyoncé merilis single “Formation” pada februari 2016. Lagu bergenre bounce ini dinyanyikannya pada acara Halftime Superbowl ke-50. Lemonade sukses mengejutkan para fansnya, di mana album sebelumnya Beyoncé (2013) dirilis secara tiba tiba di iTunes, namun sekarang ia merilis visual album dengan video yang tidak biasa dan disiarkan secara eksklusif  lewat HBO. Dalam album Lemonade Beyoncé menghadirkan beberapa musisi duet seperti James Blake, Kendrick Lamar, The Weeknd dan Jack White.

beyonce-hold-up

Visual album Lemonade dibagi menjadi sebelas segmen yaitu  Intuition, Denial, Anger, Apathy, Emptiness, Accountability, Reformation, Forgiveness, Resurrection, Hope dan Redemption. Selain itu dalam Lemonade Beyoncé menggunakan puisi dan prosa yang ditulis oleh Warsan Shire.

Album yang ditujukan pada gerakan Black Lives Matter, gerakan aktivis internasional berasal dari masyarakat Afrika-Amerika, yang berkampanye menentang kekerasan terhadap orang kulit hitam.

beyonce-zendaya-amanda

Album Lemonade juga menampilkan beberapa kameo seperti Ibeyi, Laolu Senbanjo, Amandla Stenberg, Quvenzhané Wallis, Chloe x Halle, dan juga penyanyi Zendaya, dan atlet tenis Serena Williams muncul dalam video “Sorry”. Tak ketinggalan Jay-z pun hadir dalam video “All Night”. Dalam visual ini juga memprovokasi masalah ras, gender, kekuasaan, pernikahan, perselingkuhan, orangtua, dan pengalaman perempuan kulit hitam di Amerika. Film ini dishoot oleh tujuh sinematografer yang berbeda dan diedit bersama-sama oleh Bill Yukich.

Sempat viral di media sosial bahwa Jay-z berselingkuh, pada lirik lagu “Sorry”, You better call Becky with the good hair dan tambahan lirik seperti dibawah ini

Looking at my watch, he shoulda been home
Today I regret the night I put that ring on
He always got them fucking excuses

ditambah kutipan dalam visual albumnya

“I tried to change. Closed my mouth more. Tried to be softer, prettier, less awake.  Plugged my menses with pages from the Holy Book but still coiled inside me was the need to know: Are you cheating on me?”

Judul album Lemonade sendiri terinspirasi dari nenek Beyoncé, Agnéz Deréon dan nenek dari Jay-z Hattie White, dimana sang nenek hadir dalam visual album dalam speech ulang tahun ke-90 nya pada April 2015, ia mengatakan

“I had my ups and downs, but I always found the inner strength to pull myself up. I was served lemons, but I made lemonade.

via GIPHY

Lemonade mendapatkan beragam respon positif dari para kritikus, album ini menduduki posisi #1 pada Chart Billboard 200, dimana semua album studio Beyoncé menduduki #1. Lagu-lagu dari Lemonade yang wajib kamu dengar Sorry, Pray You Catch Me, 6 Inch, Daddy Lessons, Sandcastles, Freedom dan All Night.

Baca juga:

Metamorfosis Video Musik Beyonce Dari Awal Hingga Sekarang

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here