Pada 22 April di rayakan sebagai Hari  Bumi Internasional. Beragam ucapan serta antusias hadir di media sosial. Namun kontribusi apakah yang kamu lakukan pada hari bumi 2016. Bumi tidak akan membaik hanya dengan sekedar ucapan selamat hari bumi. Nah berikut 5 hal yang bisa kamu lakukan di Hari Bumi 2016.

reusable-bag-hari-bumi-2016
(Foto: parade.com)

Use Your Totebag!Pada Februari lalu, pemerintah menerapkan untuk penggunaan kantong plastik belanja di supermarket atau minimarket di kenakan biaya Rp 200. Namun sejauh ini masih banyak yang tetap menggunakan kantong plastik. Apakah harus mengikuti dengan harga kantong  plastik di Inggris sebesar 5 pound sterling (sekitar Rp. 95000) per plastik, baru semua orang akan membawa totebag atau reuseable bag. Dengan menggunakan totebag ini setidaknya kita mengurangi limbah plastik di bumi ini.

Kurangi konsumsi dagingkurangi-konsumsi-daging-hari-bumi-2016Mungkin terdengar cukup sulit, ya kamu tidak harus menjadi vegetarian hanya mengurangi konsumsi daging. Industri daging menghasilkan jumlah besar emisi berbahaya, dan ekosistem penting di seluruh dunia sedang dihancurkan pada tingkat yang mengkhawatirkan. Menurut analisis Chatham House, industri daging menyumbang 15 persen dari seluruh emisi gas rumah kaca.Walau mengurangi konsumsi daging sulit, setidaknya kamu menjadi lebih sehat.

User your Bike or Public Transport!

(Foto: flickr.com/ekha surya)
(Foto: flickr.com/ekha surya)

Kenapa tidak menggunakan sepeda menuju kantor? Cukup sulit karena Jakarta tidak banyak jalur sepeda, kamu bisa lebih sehat karena dapat bersepeda setiap harinya. Alternatif lain kamu bisa menggunakan transportasi umum. Stop complain! Sekarang sudah banyak transportasi umum yang cukup bagus dan aman. Ambil contoh Bus Transjakarta dan Commuterline. Dengan menggunakan kendaraan umum, kamu mengurangi polusi yang berlebih loh.

Hemat energi!hemat-energi-hari-bumi-2016

Dalam dunia yang segalanya serba terhubung dengan energi, rasanya tidak mungkin berhenti menggunakannya, jalan satu nya adalah menghematnya. Ya kamu harus membiasakan mematikan lampu dan penyejuk ruangan ketika meninggalkan kamar serta tidak meninggalkan charger handphone/laptop menyolok di stop kontak. Selain menghemat energi ini bisa menghemat tagihanmu.

Use Reusable Bottlereusable-bottles-hari-bumi-2016Botol plastik minuman ringan atau kemasan menjadi kantong plastik baru, mereka ada dimana-mana dan susah diurai. Namun akan berbeda jika kamu membawa botol minum yang bisa kamu isi dengan air putih, hal ini tidak hanya menghemat uangmu, itu akan membantu menyelamatkan lingkungan.

Selamat hari bumi!   

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here