Setelah menanti-nanti jadwal tayang film Split, akhirnya film garapan M Night Shyamalan rilis di bioskop  Indonesia. Film psychological thriller ini dibintangi oleh James McAvoy, Anya Taylor-Joy dan Betty Buckley.

Cerita Split dimulai ketika ada seorang pria tak dikenal menculik 3 anak gadis remaja Claire, Marcia dan Casey, mereka disekap di ruang bawah tanah. Panik karena yang menculik mereka bertingkah aneh dan suka berganti-ganti pakaian serta sikap. Pria tersebut adalah Kevin, ia mengalami Dissociative identity disorder atau gangguan identitas disosiatif dan mengakui memiliki 23 kepribadian dan sering berkonsultasi dengan psikiater Dr. Fletcher.

Dengan beragam kepribadian yang muncul, 3 remaja pun makin panik kecuali Casey yang banyak bengong karena ia memiliki trauma masa lalu dan anti-sosial. Beragam cara melarikan diri pun tidak berhasil karena ruang bawah tanahnya penuh dengan pintu yang berkunci. Kenapa Kevin menculik mereka? Apakah mereka bisa lolos?

M Night Shyamalan kembali mengejutkan kita, karya sebelumnya yang terkenal adalah The Sixth Sense, film supernatural  yang tayang pada 1999. Kali ini dia membawa tema kepribadian ganda, tak tanggung-tanggung ia menampilkan sosok Kevin dengan 23 kepribadian.  Namun kepribadian yang dimunculkan dalam film ini hanya 4 yang menonjol, Dennis seorang pria dengan obsessive-compulsive disorder, Patricia seorang wanita dengan tatapan misterius, Barry yang kemayu dan suka desain baju, yang terakhir ada Hedwig seorang bocah berumur 9 tahun.

Semua diperankan dengan mulus oleh James McAvoy, aktor pemeran Professor Xavier di X-Men ini patut diacungi jempol.James benar-benar total memerankan Kevin, mulai dari kejamnnya Dennis hingga jenakanya Hedwig. Sementara Casey diperankan oleh Anya Taylor-Joy, Anya pun sanggup beradu akting dengan James sebagai sosok remaja rapuh.Kita pun dibawa ke potongan-potongan masa lalu Casey yang membuat saya sesak sendiri, belum lagi trauma Kevin di masa lalu yang membuat dia memiliki 23 kepribadian.

Dr. Fletcher sendiri diperankan oleh Betty Buckley, psikiater yang selalu setia mendengarkan setiap curhatan bermacam-macam kepribadian Kevin. Betty pun hadir sebagai psikiater yang tekun menangani clientnya, bisa dibilang ia pun ingin membantu Kevin dan menyelesaikan penelitiannya tentang Dissociative identity disorder.  Jelas Betty dan Casey melengkapi film ini, namun spotlight tetap dirampas oleh James McAvoy.

Sepanjang film kita dibuat tegang bagaimana Casey kejar-kejaran, melarikan diri dan harus menghadapi Kevin.Belum lagi tatapan mata beragam kepribadian Kevin, dan pilunya trauma Casey, benar-benar menguras emosi. Sang sutradara pun ikut muncul dalam film sebagai cameo dan ada aktor dari film karya M Night Shyamalan sebelumnya yang akan muncul juga, bisa dibilang film Split merupakan spin-off dan akan ada kelanjutannya.

Split sukses menjadi film thriller yang mengejutkan dan membuat kita bertanya-tanya, ending yang tak tertebak dan di luar dugaan membuat kita menganga. Siapkan dirimu menyaksikan kepribadian Kevin yang ke-24. Split tayang serentak di bioskop Indonesia 15 Februari 2017.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here