Apa Bedanya TOEFL dan IELTS? Simak Perbedaannya!

APA BEDANYA TOEFL DAN IELTS? SIMAK PERBEDAANNYA!

Berniat kuliah di luar negeri? Selain mental dan uang, kamu harus mengantongi nilai tes kemampuan bahasa Inggris. Beberapa tesnya yaitu TOEFL dan IELTS. Tes ini digunakan untuk memastikan bahwa kemampuan bahasa Inggris kamu baik, mulai dari membaca, berbicara, dan menulis.

Banyak orang yang belum tahu perbedaan TOEFL dan IELTS, bahkan bingung harus menjalani tes yang mana. Nah Apabedanya.com akan memberikan informasi apa bedanya TOEFL dan IELTS, simak yuk di bawah ini!

Apa Bedanya TOEFL dan IELTS?

TOEFL

TOEFL merupakan kepanjangan dari Test of English as Foreign Language. TOEFL adalah ujian kemampuan berbahasa Inggris dengan logat atau aksen Amerika. Ujian ini diselenggarakan oleh kantor ETS (Educational Testing Service) di Amerika Serikat untuk para peserta tes di seluruh di dunia. Umumnya tes TOEFL ini diminta oleh universitas di Amerika Serikat dan Kanada.

Tes TOEFL memiliki dua tipe, yaitu TOEFL ITP dan TOEFL iBT. Pertama TOEFL ITP (Institutional Testing Program) digunakan untuk wilayah Asia, dengan skornya yang bersifat institusional, berarti hanya digunakan untuk institusi dan wilayah lokal tertentu dan tidak berlaku untuk seluruh negara di dunia. 

 BACA JUGA: SELAIN “I’M FINE, THANK YOU”, INI CARA MENJAWAB “HOW ARE YOU” DALAM BAHASA INGGRIS

Pada umumnya, tes TOEFL yang digunakan banyak orang adalah tes TOEFL iBT (Internet Based Test) di mana kamu akan diminta untuk merekam semua jawaban  di komputer yang telah terhubung dengan internet. Setiap jawaban nantinya akan dikirim langsung ke ETS.

NILAI TES TOEFL

Tes TOEFL ITP ini terbagi menjadi tiga sesi ujian, yaitu Listening, Structure and Written Expression, dan Reading Comprehension. Nilai total maksimal pada TOEFL ITP adalah 500 atau 550 bahkan hingga 600. Untuk TOEFL iBT meliputi Reading, Listening, Speaking dan Writing. Dikutip dari Ef.co.id, nilai tes TOEFL iBT yang terbaru memiliki nilai maksimum 120, dengan rata-rata nilai yang diminta adalah 80 atau 90. Tes TOEFL berlangsung selama hampir 4 jam, jadi jangan lupa siapkan diri dan mental ya. 

BACA JUGA: SELAIN “FOR EXAMPLE”, INI FRASA UNTUK MEMBERIKAN CONTOH DALAM BAHASA INGGRIS

IELTS

Apa Bedanya Akronim dengan Singkatan APA BEDANYA TOEFL DAN IELTS? SIMAK PERBEDAANNYA
Foto: Pixabay/Jeshoots

 IELTS merupakan kepanjangan dari International English Language Testing System. Umumnya tes IELTS ini diterima oleh institusi di negara Australia, Inggris, dan Selandia Baru. IELTS merupakan uji coba kemampuan bahasa Inggris yang diselenggarakan bersama oleh Universitas Cambridge, British Council, dan IDP Education Australia. Oh iya bahasa Inggris yang digunakan pada tes IELTS yaitu bahasa Inggris Britania atau British.

NILAI TES IELTS

Peserta tes IELTS boleh memilih modul akademik, biasanya untuk yang mendaftar di universitas dan pendidikan tinggi lainnya. Kemudian ada modul pelatihan umum, ini biasanya untuk mengikuti pelatihan non akademik, untuk memperoleh pengalaman kerja atau untuk tujuan keimigrasian. Tes IELTS menilai setiap bagian dengan skor 0-9, yang kemudian akan diratakan untuk skor akhir dalam skala 0-9.

BACA JUGA: SELAIN “I THINK”, INI UCAPAN SAAT BERPENDAPAT DALAM BAHASA INGGRIS

Berbeda dengan tes TOEFL, tes IELTS semua jawaban akan ditulis tangan. Terdapat empat bagian, yaitu Speaking, Writing, Listening, dan Reading. Pada sesi speaking, peserta tes akan diminta untuk berbicara dengan seorang penilai secara langsung dengan durasi 12-14 menit. Peserta akan ditanya beberapa pertanyaan tentang dirinya sendiri dan sebuah topik. Tes IELTS ini  berdurasi 2 jam 45 menit.

Nah bagaimana, sudah tahu mau mengambil tes yang mana? Ada yang sudah mencoba tes TOEFL dan IELTS, kamu bisa tulis pengalamanmu di kolom komentar!

BACA JUGA: SELAIN “I DON’T KNOW”, BERIKUT UCAPAN TIDAK TAHU DALAM BAHASA INGGRIS

Foto header: Unsplash/Nguyen Dang Hoang Nhu

Hola, I'm Yudi! a content and social media specialist. I write articles about movies, TV series, music, pop culture, Pokémon, travel, food, life hacks, lifestyle, and digital marketing.

Post a Comment

You don't have permission to register
error: Content is protected !!