Apa Bedanya Mentega dengan Margarin

APA BEDANYA MENTEGA DENGAN MARGARIN

Apa bedanya mentega dengan margarin? “Loh bukannya mereka sama ya! Loh ada perbedaannya ternyata?” Kedua produk ini sering dianggap sama, yang mana digunakan untuk membuat kue, dioleskan untuk roti, untuk memasak, dan lain sebagainya. Penasaran perbedaannya? Berikut Apabedanya.com berikan perbandingan mentega denga margarin.

Apa Bedanya Mentega dan Margarin

APA BEDANYA MENTEGA DENGAN MARGARIN
Mentega | Foto: Pixabay

Mentega merupakan makanan produk susu, dibuat dengan mengaduk krim yang didapat dari susu. Biasanya digunakan sebagai olesan roti dan biskuit, sebagai perantara lemak di beberapa resep roti dan masakan. Terkadang mentega menjadi bahan untuk menggoreng.

Mentega adalah emulsi air-dalam-minyak, kebalikan dari krim. Mentega tetap padat saat didinginkan, tetapi meleleh secara konsisten pada suhu kamar / suhu ruangan. Mentega hampir sama dengan roombutter namun roombutter merupakan mentega yang wanginya tajam dan berwarna putih.

Mentega sendiri merupakan produk hewani yang dalam bahasa Inggris disebut butter. Selain itu ada pula mentega jernih (clarified butter) yang disebut dengan minyak samin. Pengganti mentega ialah margarin, yang biasanya lebih murah, dan memiliki sedikit lemak dan kolesterol. Mari kita bahas pengertian margarin di bawah ini!

Perbedaan Mentega dan Margarin

APA BEDANYA MENTEGA DENGAN MARGARIN
Mentega | Foto: walterrauag.com

Margarin merupakan mentega buatan. Biasanya dibuat dari minyak nabati, atau minyak hewani. Bisa juga mengandung susu saringan, garam, serta pengemulsi. Margarin mengandung lebih sedikit lemak daripada mentega, sehingga margarin banyak digunakan sebagai pengganti mentega. Dari sini kita sudah mengetahui bedanya mentega dengan margarin ya.

Margarin adalah produk turunan dari minyak kelapa sawit dan mengandung lemak tak jenuh yang aman bagi kesehatan. Minyak kelapa sawit yang berbentuk cair terlebih dahulu melewati proses penyuntikan hidrogen hingga padat.

Karena berbahan dasar minyak kelapa sawit, margarin memiliki warna kuning lebih cerah dibanding mentega yang biasanya kuning pucat. Tidak adanya aroma susu layaknya mentega menjadi salah satu kekurangan margarin. Sering kali para produsen menyiasatinya dengan mencampurkan dengan mentega supaya mendapatkan aroma khasnya.

Kesimpulan

Mentega merupakan bahan makanan yang terbuat dari lemak serta protein susu dan krim (unsur hewani). Sementara margarin merupakan pengganti dari mentega yang terbuat dari minyak nabati/tumbuh-tumbuhan dan sedikit mengandung susu (unsur nabati).

Kalian ada pendapat lain mengenai perbedaan mentega dan margarin? Tulis di kolom komentar ya!

Baca juga:

APA BEDANYA BAKING SODA DENGAN BAKING POWDER
APA BEDANYA SAMPO DENGAN KONDISIONER?
APA BEDANYA VISI DENGAN MISI?
APA BEDANYA BODY SERUM, BODY LOTION, DAN BODY BUTTER

Hola, Yudi's here! I'm a content and social media Specialist. I write articles about movies, TV series, music, pop culture, life hacks, and digital marketing. I also like to play Pokémon on Nintendo.

Post a Comment

You don't have permission to register