Apa Bedanya Baking Soda dengan Baking Powder

Bagi kamu yang gemar membuat kue pasti tahu dong dengan baking soda dan baking powder. Banyak yang berpikir mereka itu sama loh, eits ternyata berbeda. Yuk simak bedanya di bawah ini.

Baking Soda

Baking soda bisa disebut juga soda kue adalah bahan pengembang yang terbuat dari 100 persen natrium bikarbonat atau sodium bikarbonat yang bersifat basa, dan akan bereaksi dengan bahan asam.

Foto: Pixabay

Reaksi kimia ini yang akan menghasilkan karbondioksida, sehingga kue mengembang sempurna dan lebih empuk. Baking soda bermanfaat untuk mengembangkan produk roti, kue dan biskuit tanpa proses peragian.

Baking Powder

Nah sementara baking powder terbuat dari natrium bikarbonat, serupa dengan baking soda. Namun dalam pembuatannya, natrium bikarbonat dikombinasikan lagi dengan krim tartar.

Campuran krim tartar inilah yang membuat baking powder memiliki sedikit sifat asam. Perbedaan yang khas dari baking powder, bahan ini membuat kue lebih renyah, terutama dalam adonan kue kering.

Foto: Flickr/Melissa Wiese

Nah sudah jelas dengan perbedaan baking soda dengan baking powder? Kalian ada pendapat lain mengenai baking soda dan baking powder? Yuk tulis di kolom komentar.

Baca juga:

Apa Bedanya Combor dengan Misro

Review Roti Srikaya Tet Fai di Jembatan Lima

Post a Comment

You don't have permission to register