Matt Damon kembali hadir dalam film Downsizing, ditulis dan digarap oleh  Alexander Payne film sci-fi komedi ini dibintangi juga oleh penampilan Christoph Waltz, Hong Chau, Kristen Wiig, dan Udo Kier. Downsizing menceritakan tentang penemuan ilmuwan asal Norwegia yang dapat mengecilkan tubuh dengan alasan menyelamatkan planet dan berhemat.

Semua berawal dari pasangan suami istri Paul dan Audrey Safranek yang berniat mengecilkan diri mereka karena  terbeban masalah finansial. Leisureland (Komunitas komplek di mana orang-orang hasil downsizing tinggal) menawarkan mimpi yang diinginkan oleh Paul (Matt Damon) dan Audrey (Kristen Wiig). Di sana mereka bisa menjadi kaya raya, karena uang di dunia nyata dan di sana berbeda.  Tergiur dengan kehidupan mewah di Leisureland, mereka segera melakukan downsizing.

Sialnya, Audrey kabur dan mengurungkan niat untuk downsizing ketika Paul sudah menjadi kecil. Mau tidak mau, Paul harus menjalani hidup sebatang kara di Leisureland.  Sempat putus asa tinggal sendirian, Paul akhirnya menjadi seorang marketer di Land’s End.

Ketika mendatangi pesta tetangga, Paul bertemu teman baru Dušan (Christoph Waltz) yang menghabiskan hidupnya dengan pesta dan wanita di Leisureland. Usai pesta Paul tidak sengaja bertemu dengan aktivis asal Vietnam Ngoc Lan Tran (Hong Chau) yang dipaksa downsizing karena menuntut pemerintah mengambil rumahnnya. Paul mencoba menolong Ngoc Lan Tran yang terlihat kesulitan berjalan, lewat perkenalan itu Paul mengetahui sisi gelap dari downsizing dan tidak semua orang kaya di Leisureland.

Berdurasi 135 menit, Alexander Payne menyuguhkan cerita yang berhasil mencuri perhatian penonton. Kita pun terpanah dengan proses mengecil alias Downsizing dan isi Leisureland.  Walau terkadang alur ceritanya membingunkan, karena tidak jelas arah karakter Paul ingin ke mana. Namun semua itu tertolong dengan munculnya Dušan yang diperankan oleh Christoph Waltz yang cukup memecah tawa.

Spotlight lainnya hadir lewat karakter Ngoc Lan Tran. Tak heran jika Hong Chau dinominasikan aktris pendukung terbaik Golden Globes 2018. Aksen Vietnam, kejenakaan, sifat penolong dan kepolosannya berhasil membuat penononton tertawa lepas sekaligus haru karena kisahnya.

Di sisi lain, Downsizing merupakan usaha ilmuwan untuk menyelamatkan planet, dengan mengecil sampah yang dihasilkan manusia menjadi lebih sedikit. Bedanya, di Vietnam proses downsizing dijadikan alat untuk mengancam para pendemo. Dengan mengecil, hak dan suara para aktivis tidak ada yang mendengar. Cukup tragis bukan?

Downsizing menawarkan sesuatu yang berbeda,  penemuan secanggih apapun pasti memiliki pro dan kontra.  Alexander Payne menyampaikan sebelum menyelamatkan planet ini, mungkin bisa menengok sekitar dan menolong mereka yang kesulitan.

Jangan lupa saksikan Downsizing, sedang tayang di bioskop.

Baca juga:

Lihat Aksi Matt Damon dan Andy Lau di The Great Wall

Apa Bedanya film The Martian dengan Film Luar Angkasa Lainnya?

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here