review film arrival amy adams apabedanyacom

Awal tahun 2017 disambut film genre science fiction arahan Denis Villeneuve (sutradara Sicario). Arrival tayang di bioskop Indonesia pada 6 Januari 2017, telat lebih dari satu bulan penayangannya namun tetap dinanti. Diangkat dari cerita pendek karya Ted Chiang yang berjudul Story of Your Life (1998), film ini dibintangi nominator Oscar Amy Adams, pemeran Hawkeye  Jeremy Renner dan pemenang Oscar Forest Whitaker.

Berawal gambaran flashback ahli linguistik (bahasa) Louise Banks (Amy Adams) menggendong anak perempuannya hingga tumbuh besar dan terlihat anaknya sakit kemudian semua beranjak ketika Louise sedang mengajar di kampus dan munculnya berita kemunculan kapsul asing di 12 lokasi (mereka menyebutnya Heptapod). Perwira tinggi Amerika Serikat pun mengontak Louise untuk mencoba menerjemahkan audio dari dalam kapsul tersebut, namun Louise berpendapata tidak menerjemahkan jika tidak berinteraksi langsung.

Louise pun diterbangkan ke lokasi salah satu kapsul bersama seorang ahli matematika Ian Donelly (Jeremy Renner), mereka pun dipercaya untuk masuk ke dalam kapsul dengan bantuan baju anti radiasi. Louise pun mencoba berkomunikasi dengan penghuni kapsul tersebut, “kenapa mereka ke sini? apa tujuannya?”. Beragam respon yang dia dapat semakin membuat Louise bingung dengan munculnya kenangan bersama anaknya.Apakah Louise dapat memecahkan respon dari penghuni kapsul tersebut? apa hubungannya dengan kenangan anaknya?

Film berdurasi 116  menit ini menyajikan cerita bertemakan alien yang beda dari biasanya, kamu berharap akan melihat peperangan antar manusia dengan alien? tidak akan ada hal seperti itu. Amy Adams sukses memukau sebagai Louise Banks yang memiliki beragam pertanyaan akan hidupnya, mengapa kenangan dengan anaknya selalu menghantui. Berharap kategori Aktris Terbaik di Golden Globe 2017 akan diraih oleh aktris yang berusia 42 tahun ini.

Terbiasa melihat sosok Jeremy Renner dalam film aksi terasa aneh ketika dirinya memerankan seseorang yang pintar dan geek. Tak bisa dipungkiri dirinya pun berhasil melengkapi karakter Louise dengan lelucon-lelucon ringan yang ia lempar. Seakan tidak ada yang kurang dari film ini, mulai dari cerita yang mengejutkan, music scoring yang membuat kita merinding, efek yang memukau hingga akting Amy Adams yang sangat totalitas.

Arrival menjadi tontonan awal tahun yang membuat saya sesak dan menghela nafas “Oh God, this movie is so beautiful“. Kutipan favorit saya dari karakter Louise Banks “language is the cornerstone of civilization” yang berarti bahasa merupakan landasan peradaban.  Cukup memuji Amy Adams, berikan tepuk tangan kepada sang sutradara Denis Villeneuve yang membuat kita sibuk berpikir apa tujuan penghuni heptapod awalnya dan meninggalkan rasa sesak di dada di akhir.  Tak heran Rotten Tomatoes memberikan nilai 94% dari 297 ulasan, bahkan ada yang mengatakan Arrival merupakan film dengan rasa Spielberg-Nolan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here