Setiap pagi saya menyempatkan diri membuka timeline di Twitter, sudah merupakan kebiasaan orang orang zaman sekarang, bisa di sebut kekinian. Ketika saya scroll timeline beberapa kali,tak ada satu orang pun memberikan tweet mereka (dari total 277 following) hampir satu halaman di isi oleh newsfeed dari akun berita, sekalipun ada tweet dari following saya,  itu share dari postingan Path atau instagram -nya. Kemana kah orang orang ini?

Mereka sibuk bermain Path

Path merupakan jejaring sosial pribadi yang pertama kali muncul pada tahun  2010. Aplikasi yang awalnya hanya ada untuk pengguna iPhone kini dapat di nikmati para pengguna Android maupun Windows phone. Mengapa aplikasi ini dapat membuat pengguna twitter beralih ke path. Beberapa perbandingan fitur twitter dan path yang memang ada  keunggulan dan kelemahannya.

Twitter mampu menampung curahan, ungkapan, luapan atau sekedar tulisan yang sedang anda rasakan sebut saja Tweet, dengan dibatasi 140 kata maka sangat pantas kita menyebut nya microblog. Sementara pada Path terdapat fitur yang disebut Thought, fitur ini sama seperti tweet namun thought tidak dibatasi anda ingin menulis berapa kata, barangkali kita bisa menulis novel disana. Di thought kita juga bisa menambahkan sticker pada header thought kita, di point ini Path menang karena fungsi sticker ini cukup disukai beberapa orang, bahkan sticker dijadikan sumber pendapatan bagi Path dengan menjualnya di Shop, namun ada juga beberapa sticker yang disediakan untuk di unduh secara cuma cuma.

Upload foto dan Video, Pada awal nya Twitter menggunakan twitpic sebagai media mengunggah foto, namun sekarang dia sudah memiliki penyimpanan sendiri jika kita mengunggah foto melalui aplikasi ponsel ataupun desktop, fitur terbaru dari ungguh foto yaitu kita bisa men-tag teman kita tanpa harus memasukan namanya /mention di tweet kita. Beda hal nya dengan Path, ungguh foto di path dimanjakan dengan fitur filter foto, sekali lagi orang orang pun senang dengan fitur ini dimana muka anda bisa lebih cerah dari biasanya dan berbeda dengan aslinya, semoga  kamu masih ingat muka asli sebelum unggah foto. Untuk mengunggah video sendiri masing masing hanya dibatasi 30 detik saja.

Berikut fitur yang tidak dimiliki path namun ada di twitter dan sebaliknya. Untuk Path cukup disukai orang orang termasuk saya, di Path kita bisa membagikan Musik yang kita dengar, Film  yang kita tonton ataupun Buku yang kita baca, seru bukan? Belum lagi fitur Tidur atau Sleep, dimana ada fitur membagikan kalau kita sudah tidur pada pukul sekian dengan Quotes yang sesuai pada jam berapa kita tidur dan pada pagi hari nya kita bisa klik awake untuk memunculkan jam berapa kita bangun, berapa jam kita tidur dan berapa suhu pada lokasi kita dan Quotes pun tidak ketinggalan.

Di Twitter terdapat pergerakan berita yang sangat cepat, dimana kita bisa membagikan berita secara langsung, dibaca langsung dan disebar secara langsung. Kita dapat mencari berita  di kolom pencarian,  dengan menggunakan kata kunci. Twitter pun dapat di akses hanya dengan Browser ponselyang terhubung internet tanpa harus menggunakan ponsel pintar, sementara Path kita harus mengunduh aplikasi nya terlebih dahulu di ponsel pintar, Twitter merupakan media sosial sederhana dengan ditambah fitur fitur yang tidak kalah dengan Path dan masih disukai beberapa orang diseluruh dunia, tapi jika ingin media sosial yang lebih pribadi dengan fitur fitur yang ciamik Path cocok untuk anda.

 

Follow me on Twitter

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here