Timehop merupakan aplikasi pada smartphone yang menyajikan posts zaman dahulu termasuk foto melalui akun sosial media kita seperti Facebook, Twitter, Instagram serta Foursquare. Selain itu kita juga dapat mengsinkronisasi melalui foto Dropbox, Desktop, Google serta iPhone. Aplikasi yang dapat diunduh di Android dan iOs ini dibuat oleh Jonathan Wegener and Benny Wong pada tahun 2011.

Fitur dan Cara Bermain Timehop

Tampilan Timehop yang sederhana ini langsung digemari para pengguna sosial media untuk bernostalgia dengan post ataupun foto zaman dahulu. Fitur Timehop sendiri yaitu terdapat tombol share untuk setiap post yang muncul tiap hari nya beberapa tahun yang lalu.

Untuk foto berbeda yaitu ketika kita ingin share terdapat frame foto sebelah kiri sebagai contoh 1 year ago sebelah kanan now,  jadi di sisi now kita bisa gunakan foto masa sekarang. Dan untuk memunculkan tweet terdahulu terkadang kita harus mengupload archive Twitter dengan login melalui desktop, Biasanya ini dikarenakan jumlah tweet anda cukup banyak.

Pada tahun 2013 aplikasi yang bermaskot dinosaurus ini mendapatkan pendanaan sebesar 3 juta dollar dari investor Spark Capital, dimana dana digunakan untuk pengembangan aplikasi versi Android. Berdasarkan TechCrunch Timehop versi ios telah diunduh sebanyak 1 juta lebih, aplikasi ini masuk Top 200 Aplikasi di App Store Amerika Serikat.

Bernostalgia Lewat Aplikasi Timehop

Beragam aplikasi sosial media bermunculan, Timehop menawarkan sesuatu yang berbeda dan unik. Kapsul waktu kini ada di smartphone, tentu memunculkan perasaan sedih maupun senang ketika melihat post di masa lalu.

Penemu Timehop Jonathan Wegener pun mengatakan “Kami percaya jika konten sesungguhnya memperoleh nilai dari waktu, foto-foto menjadi lebih berarti jika usianya semakin tua.” Jadi, sudah cek Timehop kalian belum hari ini?

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here