Apa Bedanya Cumi-cumi dengan Sotong

Apa Bedanya Cumi-cumi dengan Sotong

Apabedanya.com – Cumi-cumi dan sotong adalah dua jenis moluska laut yang sering kali dianggap serupa oleh banyak orang. Meskipun keduanya memiliki banyak kesamaan, mereka sebenarnya adalah dua spesies yang berbeda dengan karakteristik unik masing-masing. Simak perbedaan cumi-cumi dan sotong di bawah ini~

Apa Bedanya Cumi-cumi dengan Sotong

Cumi-cumi

Cumi-cumi termasuk dalam kelas Cephalopoda, dan dikenal dengan tubuh yang panjang dan ramping. Mereka memiliki delapan lengan dan dua tentakel yang lebih panjang, yang dilengkapi dengan penghisap untuk menangkap mangsa. Cumi-cumi memiliki struktur tubuh yang lebih silindris dan memiliki sirip kecil di kedua sisi tubuhnya. Salah satu ciri khas cumi-cumi adalah kantung tinta yang mereka gunakan sebagai mekanisme pertahanan diri untuk mengaburkan pandangan predator saat melarikan diri.

Apa Bedanya Cumi-cumi dengan Sotong
Foto: Australian Museum

Cumi-cumi biasanya ditemukan di perairan terbuka dan dapat berenang dengan cepat menggunakan metode jet propulsion, yaitu mengeluarkan air dari rongga mantel mereka untuk mendorong tubuhnya maju. Mereka adalah hewan yang sangat lincah dan sering kali hidup dalam kelompok besar. Secara komersial, cumi-cumi sering dijadikan bahan masakan seperti calamari, yang sangat populer di banyak negara.

Sotong

Sotong, juga termasuk dalam kelas Cephalopoda, memiliki tubuh yang lebih lebar dan lebih pendek dibandingkan cumi-cumi. Mereka juga memiliki delapan lengan dan dua tentakel, tetapi bentuk tubuh mereka lebih berbentuk oval atau torpedo. Ciri khas sotong adalah adanya cangkang internal yang dikenal sebagai “cuttlebone,” yang berfungsi untuk membantu mereka mengontrol daya apung di dalam air.

Apa Bedanya Cumi-cumi dengan Sotong
Foto: BBC Wildlife Magazine

Sotong cenderung hidup di dasar laut atau di dekat terumbu karang dan memiliki kemampuan berkamuflase yang sangat baik. Mereka dapat mengubah warna tubuh mereka untuk menyatu dengan lingkungan sekitarnya, melindungi diri dari predator dan saat berburu mangsa. Dari segi kuliner, sotong juga sering diolah menjadi hidangan lezat, dan cangkang mereka digunakan sebagai sumber kalsium untuk burung peliharaan.

Meskipun cumi-cumi dan sotong memiliki beberapa kesamaan, mereka memiliki perbedaan yang signifikan dalam hal struktur tubuh, habitat, dan perilaku. Memahami perbedaan ini tidak hanya membantu kita mengenali mereka dengan lebih baik tetapi juga menghargai keunikan masing-masing spesies ini dalam ekosistem laut.

BACA JUGA:

APA BEDANYA TRENGGILING DENGAN ARMADILLO

APA BEDANYA LEBAH DAN TAWON

APA BEDANYA BUAYA DAN ALLIGATOR

APA BEDANYA HARIMAU SUMATERA, BENGGALA DAN SIBERIA

APA BEDANYA KUCING DOMESTIK DENGAN KUCING RAS

*Foto header Britannica

Jangan lupa follow media sosial Apabedanya.com di Instagram @apabedanyacom dan Twitter @apabedanyacom untuk mendapatkan update perbedaan dan perbandingan segala hal. Menghadirkan juga konten budaya pop, lifestyle, internet, digital marketing, kesehatan, teknologi, hingga life hacks.

Apabedanya.com merupakan situs independen, bantu dan dukung kami untuk meracik konten lebih baik lagi. Kamu bisa memberikan tip melalui tautan ini. 

Follow juga Apabedanya.com di Google News 

Post a Comment

You don't have permission to register
error: Content is protected !!