Alligator Amerika | Foto: Matthew Field

Penasaran apa bedanya buaya dan alligator? Binatang reptil ini sekilas terlihat sama tapi ternyata ada perbedaannya loh. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Perbedaan Buaya dengan Alligator

Buaya merupakan reptil bertubuh besar yang hidup di air. Buaya umumnya menghuni habitat perairan tawar seperti sungai, danau, rawa dan lahan basah lainnya, namun ada pula yang hidup di air payau seperti buaya muara.

Makanan utama buaya seperti ikan, reptil dan mamalia, kadang-kadang juga memangsa moluska dan krustasea. Buaya merupakan hewan purba dan evolusi buaya hanya sedikit berubahnya semenjak zaman dinosaurus.

Buaya | Foto: Wikipedia

Alligator merupakan hewan yang masih berkerabat dekat dengan buaya. Alligator hanya ada di dua negara yaitu Amerika Serikat dan Republik Rakyat Tiongkok.

Aligator memiliki moncong yang cenderung lebar ujungnya, berbentuk huruf U jiika dilihat dari atas.Sementara buaya bermoncong lebih sempit meruncing, berbentuk huruf V.

Apa Bedanya Buaya dan Alligator

Perbedaan lainnya yaitu pada gigi ke-4 di rahang bawah buaya berukuran besar dan muncul di sisi luar rahang atas apabila moncongnya terkatup. Sedangkan gigi-gigi rahang bawah aligator tersembunyi oleh bibir atasnya bila moncongnya terkatup.

Nah sudah tahu perbedaan buaya dengan alligator? Apa kamu memiliki pendapat lain. Tulis ya di kolom komentar.

Baca juga: Apa Bedanya Danau dan Laut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here